Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28969
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep perkembangbiakan tumbuhan melalui pendekatan kontekstual: penelitian tindakan kelas di MI Hidayatul Athfal Gunungsindur
Authors: Efi
Advisors: Erina Hertanti
Keywords: hasil belajar;pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Issue Date: 17-Nov-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Series/Report no.: 0115-10-24199; 11543 PGMI t
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep Perkembangbiakan Tumbuhan dengan menggunakan pendekatan Kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember sampai Desember 2014 di kelas VI MI Hidayatul Athfal pada semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas. Metode ini dilakukan dalam tiga tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dengan langkah-langkah yang sama. Penelitian difokuskan kepada upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada konsep Perkembangbiakan Tumbuhan melalui penerapan pendekatan Kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Perkembangbiakan Tumbuhan melalui penerapan pendekatan Kontekstual. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,25%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 93,75%. Siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebanyak 9 orang atau sekitar 56%, sementara pada siklus II sebanyak 15 orang atau 93,75%. Aktifitas guru pada siklus I terkategori baik, dengan persentase sebesar 79,17%. Pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 85,41% dengan kategori sangat baik. Aktifitas siswa meningkat dari kategori cukup pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Persentase siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II menjadi 83,33%.
Description: xi, 69 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28969
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EFI-FITK.pdfSkripsi13.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.