Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28860
Title: Implementasi kebijakan penilaian autentik kurikulum 2013 di SMA Negeri 78 Jakarta
Authors: Bahrul Alam
Advisors: Jejen Musfah
Heny Narendrany Hidayati
Keywords: penilaian autentik;kurikulum 2013;pembelajaran sejarah Indonesia
Issue Date: 12-Nov-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah adanya penyempurnaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 yang berupaya menyempurnakan standar penilaian yaitu adanya penilaian autentik yakni penilaian yang didasarkan proses pembelajaran bukan hanya hasil. Penilaian ini juga menitikberatkan pada tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik, instrumen, hasil penilaian, faktor pendukung dan penghambat penilaian autentik di SMA Negeri 78 Jakarta dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru Sejarah Indonesia Kelas X di SMA Negeri 78 Jakarta dan siswa kelas X yang terlibat langsung dengan penilaian autentik kurikulum 2013 dan obyeknya adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal yang menjadi pokok bahasan, kemudian memeriksa keabsahan data dengan membandingkan dengan beberapa teknik pengumpulan data sehingga dapat ditarik kesimpulan. Dalam pengambilan sampel untuk kuesioner dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik sampling incidental, yaitu siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel dengan syarat siswa kelas X. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Teknik dan instrumen penilaian autentik di SMA Negeri 78 Jakarta masih belum diterapkan secara optimal, karena dalam penerapannya tidak menggunakan instrumen penilaian dari masing-masing teknik penilaian. Adapun dalam penerapannya hanya menggunakan daftar penilaian yang telah disiapkan oleh sekolah. (2) Hasil yang dicapai dalam penilaian autentik yaitu semua siswa telah memenuhi KKM yaitu 73 atau 2,67 untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan, sedangkan minimal B (Baik) untuk kompetensi sikap. Apabila ada yang tidak memenuhi KKM diadakan remedial dan semester pendek (klinik belajar). (3) Faktor yang mendukung penilaian autentik di SMA Negeri 78 Jakarta adalah guru yang telah ikut pelatihan, kerja sama antar guru dan sarana prasarana. Faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana khususnya dikelas X IIS dan lembar penilaian dari sekolah yang tidak dilengkapi dengan instrumen penilaian. Kata Kunci: Penilaian autentik, kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah Indonesia
Description: x, 101 hlm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28860
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAHRUL ALAM-FITK.pdf7.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.