Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28695
Title: Pengaruh bauran pemasaran terhadap aksesibilitas umkm dalam menjangkau sumber pembiayaan LKM syari’ah: studi kasus pada BMT Masjid Al-Azhar Pasar Minggu
Authors: Abdillah Rizaldi Mukramin
Advisors: Burhanuddin Yusuf
Keywords: aksesibilitas;bauran pemasaran;UMKM;LKM Syari’ah
Issue Date: 15-Oct-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Series/Report no.: 0115-09-24115; 5664 MEI s
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor produk, harga, promosi dan tempat terhadap aksesibilitas UMKM dalam menjangkau sumber pembiayaan BMT Masjid Al-Azhar Pasar Minggu baik secara parsial maupun simultan, dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap aksesibilitas UMKM dalam menjangkau sumber pembiayaan BMT Masjid Al-Azhar Pasar Minggu diantara ke empat faktor diatas. Sampel yangdigunakandalam penelitianinisebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknikNon Probability Sampling dengancara PurposiveSampling.Jenis penelitianiniadalahpenelitianlapangan,teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan membagikan pada nasabah pembiayaan mudharabah dan murabahah BMT Masjid Al-Azhar Pasar Minggu. Metode analisis dan datanya menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear berganda danujihipotesis(ujitdanujiF), pengolahan datanya menggunakan SPSS 21for Windows. Dari uji asumsi klasik diketahui bahwamodel regresi ini sesuaidengan asumsi klasik.Dari hasil penelitian data didapatkan model regresi Y = 3.356 + 0.259 X1 + 0.177 X2 + 0.234 X3 + 0.165 X4. Darikoefisien determinasi diketahui bahwa 32.2% variasi aksesibilitas UMKM dalam menjangkau sumber pembiayaan LKM Syari’ah dapatdijelaskanolehfaktorproduk, harga, promosi dan tempatsedangkan sisanyasebesar67.8% dipengaruhiolehfaktorlainyangdalam halinitidakmenjadibahan penelitian penulis. Uji t menunjukkanbahwa masing-masing variabel independen berpengaruh positifdansignifikan.DariujiFsebesar12.780yang mengandung arti bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel produk, harga, promosi dan tempat terhadap aksesibilitas UMKM dalam menjangkau sumber pembiayaan LKM Syari’ah.Dan dari model regresi tersebut dapat diketahui bahwa produk (X1) merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi aksesibilitas UMKM dalam menjangkau sumber pembiayaan LKM Syari’ah.
Description: xiv, 96 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28695
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABDILLAH RIZALDI MUKRAMIN-FSH.pdfSkripsi2.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.