Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28657
Title: Fakta Sosial Emile Durkheim dalam Membentuk Lingkungan Sosial Pendidikan Islam Indonesia
Other Titles: Fakta Sosial Emile Durkheim dalam Membentuk Lingkungan Sosial Pendidikan Islam Indonesia
Authors: Ikbal, Aceng Fuad Hasim
Advisors: Ikbal, Aceng Fuad Hasim
Keywords: Fakta Sosial Emile Durkheim dalam;Membentuk Lingkungan Sosial Pendidikan Islam Indonesia
Issue Date: 12-Oct-2015
Abstract: ABSTRAK FAKTA SOSIAL EMILE DURKHEIM DALAM MEMBENTUK LINGKUNGAN SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA Kata Kunci: Fakta Sosial, Emile Durkheim, Pendidikan, Islam Indonesia. Fokus penelitian ini lebih mengarah kepada pemikiran Emile Durkheim tentang fakta sosial (social fact), yang memberikan gagasan teologis dalam bidang sosiologi dalam kehidupan berkeluarga, bertetanggga, bermasyarakat maupun kehidupan bernegara. Relevansi yang ada pada pemikiran Durkheim dengan pendidikan sangatlah penting, melihat proses pendidikan merupakan bagian terpenting dari berbagai bentuk interaksi sosial. Dalam penelitian ini membuktikan fakta sosial Emile Durkheim lebih dilatar belakangi adanya perubahan lingkungan akibat proses transformasi sosial di Perancis pada tahun 1870. Dari tahun ke tahun peristiwa sosial-politik seperti tak ada hentinya, selain itu perkembangan sosial-ekonomi merubah fenomena solidaritas umum yang ada di Perancis waktu itu dan kejadian ini secara umum melanda negara-negara Eropa Barat. Pemikiran fakta sosial Durkheim meliputi dua hal, yaitu material dan non material. Fakta sosial material merupakan suatu perubahan yang bisa diteliti karna mempunyai wujud dan terlihat oleh panca indra, sedangkan fakta sosial non material yaitu perubahan yang tidak bisa diteliti oleh mata telanjang, karna tidak mempunyai wujud dan tidak terlihat oleh panca indra, tetapi merupakan hal yang tersirat dalam kegiatan kontak sosial individu-individu dalam suatu lingkungan. Durkheim melihat bahwa pentingnya nilai konsesus sosial yang bertumpu kepada nilai moralitas memberikan harapan sebagai jalan untuk memperbaiki keadaan sosial pada saat itu. Relevansi pemikiran fakta sosial Emile Durkheim dengan pendidikan Islam Indosnesia tidak bisa dilihat dari sebuah lembaga pendidikan Islamnya, relevansinya minimal bisa dilihat dalam tiga kategori pendidikan Islam, yaitu: pendidikan karakter (Charackter Building), pendidikan pendidikan menjadi orang tua yang baik (Parenting), dan pendidikan suritauladan yang baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28657
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aceng fuad hasim ikbal 1110011000145 (Pakai watermark_Burning).pdf3.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.