Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28438
Title: Pendidikan keimanan: kajian tafsir surat al-an’am ayat 74-79
Authors: Fikri Latipatul Huda
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: pendidikan keimanan
Issue Date: 16-Sep-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Series/Report no.: 0115-08-23880; 11087 PAI t
Abstract: Setiap manusia dilahirkan memiliki potensi. Potensi itu berupa fitrah akan pengakuan adanya Allah swt. Pendidikan Keimanan yaitu usaha sadar dalam menanamkan akan dasar-dasar keimanan kepada peserta didik yang berfungsi untuk mengembangkan segala potensi yang telah dimiliki oleh peserta didik agar potensi yang telah dimiliki oleh peserta didik dapat dikembangkan kepada jalan kebenaran. Oleh karena itu seorang pendidik harus mampu membantu mengembangkan potensi yang telah dimiliki oleh peserta didik menuju arah yang baik. Berbicara tentang keimanan, erat kaitannya dengan tauhid. Karena inti dari keimanan itu yaitu beriman kepada Allah swt. Sehingga beriman kepada Allah swt. mengandung implikasi keimanan akan wujud-Nya, ke-Esaan-Nya ketuhanan- Nya dan keimanan akan nama-nama baik-Nya dan sifat-sifat luhur-Nya yang terwujud dalam tauhid ulûhiyyah, tauhid rubûbiyyah dan tauhid asmâ` wa sifat. Dalam Q.S. al-An’am ayat 74-79 ini membahas tentang bagaimana upaya Nabi Ibrâhîm dalam menanamkan keimanan kepada ayah dan kaumnya yang menyembah berhala dan menyembah bintang, bulan dan matahari. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif melalui penulusuran data-data kepustakaan atau library research. Library research yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam pembahasan ayat adalah metode tafsir tah lili yaitu metode tafsir yang digunakan oleh para mufassir dalam menjelaskan kandungan ayat al-Qur’an dari berbagai seginya dengan memperhatikan ayat-ayat al-Qur’an sebagaimana yang tercantum dalam mushaf. Dimulai dengan menyebutkan ayat-ayat yang akan ditafsirkan, menjelaskan makna lafaz yang terdapat di dalamnya, menjelaskan munasabah ayat dan menjelaskan isi kandungan ayat. Sedangkan metode pembahasannya menggunakan metode deskriptif-analisis dengan cara mengumpukan data, analisis data kemudian menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, penulis memperoleh nilai-nilai pendidikan keimanan yang meliputi: Pertama, tauhid ulûhiyyah yang terdiri atas Allah swt. satu-satunya sumber hidayah, penghindaran dari segala bentuk kemusyrikan dan ikhlas dalam beribadah kepada Allah swt. Kedua, tauhid rubûbiyyah yang terdiri atas meyakini Allah swt. sebagai satu-satunya Pencipta dan meyakini bahwa Allah swt. sebagai satu-satunya Pengatur. Ketiga, tauhid asmâ` wa sifat yang terdiri atas meyakini bahwa Allah swt. bersifat wujud, meyakini bahwa Allah swt bersifat qidam dan meyakini bahwa Allah swt bersifat baqâ.
Description: viii, 97 hal.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28438
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FIKRI LATIPATUL HUDA-FITK.pdfSkripsi5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.