Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28427
Title: faa'liyah istikhdam thoriqoh al-istijabah al-jasadiyah al-kaamilah fii ta"lim al-qiro"ah lada talamidz as-shaf as-saadis "A" min madrosah soebono mantofani tangerang
Authors: listiyani hidayati
Advisors: Ahmad dardiri
Syamsul arifin
Keywords: Fa'aliyah istikhdam;Toriqoh
Issue Date: 14-Apr-2015
Publisher: Jakarta : FITK Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Listiyani Hidayati NIM 1111012000062 Efektivitas Penggunaan Metode Respon Fisik Total Dalam Pembelajaran Membaca Di Kelas Enam A Madrasah Ibtidaaiyah Soebono Mantofani Tangerang. Peneliti memilih judul ini karena ia melihat guru di sekolah ini belum mengetahui dan belum menggunakan metode pembelajaran bahasa yang lain kecuali tarjamah. Dan hal ini berpengaruh kepada kejenuhan siswa dalam belajar bahasa, oleh karena itu banyak dari siswa yang merasa sulit dan malas dalam mengulang pelajaran di rumahnya. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai bahasa arab, hal ini juga ditunjukkan dengan kurangnya nilai siswa dalam kemampuan membaca, sebagaimana kemahiran ini mempunyai posisi yang penting dalam pembelajaran membaca oleh karenanya ia merupakan tujuan dasar dalam pembelajaran bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Respon Fisik Total Dalam Pembelajaran Membaca, mengetahui tentang kemampuan kelas enam A di sekolah ini terhadap kemahiran membaca, dan mengetahui tentang metode-metode pembelajaran membaca yang bermacam-macam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu deskriptif dan eksperiment. Peneliti ini menggunakan metode desktiptif untuk mengetahui gambaran umum tentang efektivitas penggunaan metode respon fisik total dalam kemahiran membaca. Dan peneliti juga menggunakan metode eksperiment untuk mengetahui tentang proses penggunaan metode respon fisik total dalam kemahiran membaca di kelas enam madrasah ibtidaiyah Soebono Mantofani Tangerang. Hasil penelitian ini adalah bahwa jumlah nilai tes untuk kelas eksperiment yaitu 70,69 dan untuk kelas kontrol yaitu 66,5. Dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwasannya = 1,29 dan tt = 2,01 atau 1,69. Berdasarkan rumus t-test apabila lebih kecil dari tt maka diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan kelas eksperiment terhadap kemampuan membaca adalah baik, dan kemampuan kelas kontrol terhadap kemampuan membacatidak baik (rendah). Akan tetapi tidak ada perbedaan yang besar disana, dan bahwasannya penggunaan metode respon fisik total dalam pembelajaran membaca tidak efektiv.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28427
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LISTIYANI HIDAYATI-FITK.pdf26.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.