Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28416
Title: Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif K. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan K. H. Hasyim Asy’ari (studi komparatif)
Authors: Afifudin
Advisors: Khalimi
Keywords: Konsep Pendidikan Akhlak;Perspektif K. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan K. H. Hasyim Asy’ari
Issue Date: 25-May-2015
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2015. Konsep pendidikan akhlak menjadi hal yang sangat sentral bagi pelaksanaan pendidikan, karena pendidikan akhlak merupakan asas dasar bagi manusia untuk berinteraksi dengan Sang Khalik juga sesama manusia. Manusia pada dasarnya memiliki fitrah untuk hidup yang baik tentram dan damai, berhubungan baik antara manusia dengan tuhan (hablu minallah/pertikal) dan manusia dengan manusia (hablu minannashorizontal). Sehingga tidak sedikit para ahli pendidik Islam yang telah memberikan perhatian serius pada pengkajian konsep pendidikan akhlak seperti halnya K. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan K. H. Hasyim Asy’ari dan lain sebagainya. Mereka-mereka ini adalah para cendekiawan muslim yang arif dan paham tentang akhlak dan pendidikan, pada zamannya. Sehingga memberikan dampak positif juga kontribusi yang besar terhadap perilaku bangsa sepanjang sejarah Indonesia. Akan tetapi efek tersebut tidak lagi di rasakan oleh generasi muda saat ini. Hal ini tentu karena kurangnya prioritas pada unsur pendidikan akhlak yang telah diajarkan oleh orang-orang terdahulu sebelum kita, karena yang akan menentukan moral bangsa Indonesia kedepan. Sehubungan dengan itu, maka penulis akan kembali mengkaji pemikiran K. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan K. H. Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan akhlak yang termaktub dalam suatu rumusan penelitian seperti bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut K. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan K. H. Hasyim Asy’ari? Kemudian Bagaimana perbandingan konsep pendidikan akhlak menurut kedua tokoh tersebut? Juga pembahasan yang lainnya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan analisis komparatif. Data yang digunakan adalah sumber data primer. Sedangkan data yang kedua adalah sumber data sekunder dan data-data yang sesuai dengan judul penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan teknik analisis datanya menggunakan content analysis. Sementara pembahasannya menggunakan metode induksi dan komparasi. Dari hasil penelitian ini terungkap bagaimana sebetulnya konsep pendidikan Akhlak K. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan K. H. Hasyim Asy’ari. Sehingga akan terlihat perbedaan dan persamaan diantara keduanya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28416
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AFIFUDIN -FITK .pdf578.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.