Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28357
Title: The effect of directed reading thinking activity and reading interest on students' reading comprehension
Authors: Friska Yuliana
Advisors: Alek
Keywords: Reading comprehension;Directed Reading Thinking Activity;Reading interest
Issue Date: 14-Sep-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Abstract: Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat efek metode DRTA dan minat membaca terhadap kemampuan membaca siswadi kelas 8 MTs Jamiyyah Islamiyyah Pondok Aren. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Experimen (Quasi-Experiment); untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran (DRTA) dan minat membaca terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks narrative. Sampel penelitian ini adalah dua kelas dari kelas 8 yang berjumlah 40 orang pada masingmasing kelas. Satu kelas sebagai kelas experimen dan yang lain sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan disain experimen (quasi-experiment). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) tidak terdapat perbedaan hasil pemahaman membaca antara siswa yang diajar dengan metode DRTA dan siswa yang diajar dengan metode konvensional (2) terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran dan minat membaca siswa terhadap pemahaman membaca siswa (3) terdapat pengaruh pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan metode DRTA lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan method konvensional untuk siswa-siswa dengan minat baca tinggi (4) tidak terdapat perbedaan pemahaman membaca siswa yang diajar dengan metode DRTA dan siswa yang diajar dengan metode konvensional untuk siswa-siswa dengan minat baca rendah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28357
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FRISKA YULIANA-FITK.pdf6.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.