Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/283
Title: Implementasi komunikasi instruksional dalam pembelajaran bahasa inggris pada TK Al-Fath cirendeu
Authors: FATCHIYAH, Kholisatul
Advisors: KILUN, Yusra
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi
Series/Report no.: 0111-10-10108;2740 KPI d
Abstract: Komunikasi merupakan alat yang digunakan manusia untuk berinteraksi satu dengan yang lain, sehingga manusia dapat saling mengenal dan saling silaturrahmi. Salah satu alat untuk berkomunikasi adalah dengan menggunakan bahasa. Komunikasi bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk di dalam pendidikan yang sering disebut dengan komunikasi instruksional. Dalam hal ini TK Al-Fath mengajarkan dan mendidik murid-muridnya untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. TK Al-Fath adalah salah satu sekolah Islam yang menggunakan metode dwibahasa dan bernuansakan Islami. Di dalam komunikasi pendidikan (komunikasi instruksional) terdapat beberapa unsur yaitu guru, mata pelajaran, media atau alat untuk menyampaikan pesan atau mata pelajaran dan kemudian terjadi effek atau feedback yang dihasilkan. Dalam proses belajar mengajar seorang guru haruslah dapat berkomunikasi dengan baik terhadap muridnya supaya murid dapat mengerti dan memahami pelajaran yang disampaikan. Apalagi murid yang diajarkan adalah murid yang bisa dibilang usianya masih sangat muda. Maka dari itu guru harus mengetahui berbagai metode yang dapat membantu dalam memahamkan muridnya. Karena pendidikan adalah kunci masa depan bagi individu. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui komunikasi instruksional yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris, lalu metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris, selain itu juga ingin mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan teori Laswell, bahwa komunikasi adalah penyampaian pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan. Di dalam komunikasi terdapat lima unsur yaitu komunikator, pesan, media, komunikan dan effek. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian menafsirkan data yang ada dari hasil observasi dan wawancara berupa kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku orang yang diamati. Dari hasil penelitian ini, bahwa komunikasi instruksioanl yang digunakan guru TK Al-Fath Cirendeu adalah komunikasi instruksional secara verbal, komunikasi non verbal, komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah metode ceramah, tanya jawab, bermain, bernyanyi dan demonstrasi. Adapun faktor yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu kerjasama guru dengan guru asisten, guru yang profesional, dan juga tersedianya media yang dapat mendukung dalam proses belajar bahasa Inggris. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang pekanya beberapa guru asisten, semangat atau mood anak yang berkurang, dan juga adanya kesalahan teknis pada media yang sedang digunakan dalam proses belar mengajar.
Description: i, 79 hal.; 22 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/283
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101589-KHOLISATUL FATCHIYAH-FDK.PDF3.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.