Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27940
Title: Persepsi siswa terhadap pola interaksi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Dua Mei Ciputat
Authors: Yusuf Muarif Hidayat
Advisors: Muhammad Arif
Keywords: persepsi siswa;pola interaksi dalam pembelajaran;Ilmu Pengetahuan Sosial;SMP Dua Mei Ciputat
Issue Date: 26-Aug-2015
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014
Series/Report no.: 0115-08-23822; 11092 IPS t
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab proses pembelajaran di dominasi guru dan persepsi siswa terhadap pola interaksi dalam pembelajaran IPS di SMP Dua Mei Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuatitatif. Teknik pengumpulan datanya antara lain observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisisnya untuk wawancara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan kuesioner menggunakan teknik yaitu editing, skorsing, dan tabulating. Pola interaksi yang sering digunakan oleh guru IPS di SMP Dua Mei Ciputat adalah pola satu arah dan pola dua arah. Pola satu arah merupakan cara untuk menyampaikan materi yang harus diketahui, atau sulit dipahami siswa. Sedangkan pola dua arah merupakan pola yang memungkinkan terjadinya timbal balik, guru menyampaikan materi dan siswa menanggapi materi yang disampaikan. Sedangkan persepsi siswa terhadap pola interaksi dalam pembelajaran IPS di SMP Dua Mei Ciputat adalah sebagian kecil siswa mengatakan setuju terhadap pola interaksi satu arah. Sedangkan pola interaksi dua arah, hampir seluruhnya siswa mengatakan setuju.
Description: xii, 88 hlm.; 29,5 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27940
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YUSUF MUARIF HIDAYAT-FITK.pdfSkripsi2.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.