Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2755
Title: Manajemen pelayanan kesehatan jamaah haji dinas kesehatan kota Tangerang pada musim haji tahun 2010
Authors: Isnaini, S.
Advisors: Hasanuddin Ibnu Hibban
Publisher: UIN Syrif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2011
Series/Report no.: 0111-10-9441;2660 Md d
Abstract: Dari tahun ke tahun jamaah haji semakin bertambah, sepanjang sejarah pelaksanaan ibadah haji selalu mendapatkan perhatian khusus. Banyak komponen dalam penyelenggaraan ibadah haji, komponen itu mulai dari pendaftaran, transportasi, akomodasi, keamanan, katering, dan kesehatan. Dalam rangkaian penyelenggaraan ibadah haji menunjukkan bahwa hingga dewasa ini pelaksanaan ibadah haji telah mengalami perkembangan. Seiring perkembangan dan meningkatnya ekonomi Indonesia, meningkat pula jumlah jamaah haji dan bahkan belakangan ini jumlah pendaftarnya melampaui kuota yang telah ditetapkan. Sebagai konsekuensinya dari meningkatnya jumlah jamaah haji, maka komponen-komponen penyelenggaraan haji perlu ditingkatkan seperti akomodasi, katering, transportasi dan kesehatan. Dalam implementasinya, bentuk pelayanan mengalami perubahaan khusus dalam bidang kesehatan. Proses persiapan keberangkatan jamaah haji diperketat dengan adanya penambahan pemeriksaan, yakni pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Departemen Agama dan pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Departemen Kesehatan. Jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan ketentuan isthithoah (mampu) secara jasmani dan rohani. Untuk penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Dengan memilih metode kualitatif ini, penulis mengharapkan dapat memperoleh data yang lengkap dan akurat. Ditinjau dari sifat penyajian datanya, penulis menggunakan metode deskriptif yang mana metode deskriptif merupakan penelitian yang tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau prediksi. Hasil penelitian ini penulis dapat disimpulkan bahwa sistem manajemen pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang meliputi fungsi manajemen yaitu perencanaan dalam bimbingan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan, pengorganisasian pada pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan pihak puskesmas, penggerakkan dengan menjalankan perencanaan yang telah ditetapkan, pengawasan dengan menetapkan ukuran standar pengawasan, dan evaluasi dilakukan dengan membahas seluruh rangkaian kegiatan dengan melihat input, proses dan output. Sedangkan untuk aspek kesehatan yang dilayani Dinas Kesehatan meliputi pemeriksaan fisik dari kepala hingga perut, pemeriksaan penunjang yaitu penmeriksaan laboratorium yang mencakup test darah, urin, kehamilan dan vaksinasi haji mencakup imunisasi meningitis meningokokus dan imunisasi influeza.
Description: vii, 83 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2755
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ISNAINI S-FDK.pdf1.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.