Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2717
Title: Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan penggunaan media gambar : penelitian tindakan kelas XI sma yapisa nagrak gunung putri bogor
Authors: Syarif Hidayat
Advisors: Elvi Susanti
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan,2011
Series/Report no.: 0111-09-9265;9656 PBI t
Abstract: dasar (SD) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) bahkan sampai perguruan tinggi bidang studi bahasa Indonesia dianjurkan dengan intensif sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar juga digunakan sebagai pengantar untuk menyajikan setiap mata pelajaran atau bidang studi, yang berarti ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia digunakan dalam setiap mata pelajaran yang ada dalam kurikulum. Selain itu, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pengantar secara lisan maupun tulisan dalam kehidupan sehari-hari. Pengamatan awal peneliti di SMA YAPISA Nagrak Gunung Putri menemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh guru di antaranya adalah kemampuan siswa yang rendah terhadap menulis. Untuk kompetensi ini kepala sekolah menetapkan standar KKM yang cukup (65) dengan pertimbangan tingkat kesulitan materi tersebut bagi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap menulis karangan deskripsi sehingga siswa dapat mengungkapkan kreativitasnya melalui tulisan dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, karena peneliti bertujuan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Penelitian ini dilakukan di SMA YAPISA Nagrak Gunung Putri kelas XI dengan jumlah siswa perempuan 11 sedangkan jumlah siswa laki-laki 15, jumlah keseluruhan 26 siswa. Hasil yang diperoleh dalam siklus I dengan penggunaan media gambar menunjukkan kenaikan nilai rata-rata. Pada pretest, nilai 64,6. Setelah postest meningkat menjadi 75 (> nilai KKM 65). Secara kualitatif, penilaian angket menunjukkant bahwa hasil tingkat antusiasme siswa bertambah dan siswa mampu lebih fokus dalam pembelajaran karena adanya tahapan menulis karangan yang tepat untuk mereka.
Description: i, 65 hal.; 22 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2717
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SYARIF HIDAYAT2-FITK.pdf995.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.