Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27092
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep energi dan penggunaannya melalui pendekatan konstruktivisme : Penelitan Tindakan Kelas Pada Sekolah MI.Al-Ma’arif Kalibaru Cilincing Jakarta Utara
Authors: Nurhayati
Advisors: Erina Hertanti
Keywords: Pendekatan konstruktivisme hasil belajar IPA konsep energi dan penggunaannya
Issue Date: 3-Jul-2015
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015
Abstract: Nurhayati (809018300889) Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi dan penggunaannya dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan konstruktivisme Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2014 Tujuan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi dan penggunaannya dengan model pembelajaran pendekatan konstruktivisme penelitian ini dilakukan di kelas IV MI. Al-Ma’arif Kalibaru Cilincing Jakarta Utara Tahun 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, proses pembelajaran pretest dan postest, LKS / tes soal Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran menggunakan model pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI. Al-Ma’arif. Hasil ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata –rata hasil belajar siswa siklus I dengan nilai 71,3 siklus II dengan 77,6. Secara umum kesimpulan ini adalah hasil belajar IPA siswa khususnya konsep energi dan penggunaannya dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran pendekatan konstruktivisnme.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27092
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURHAYATI-FITK.pdfTheses47.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.