Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27072
Title: Konsep Pendidikan dalam Al-eur,an Menurut H. M. euraish Shihab
Authors: Nur Fatimah
Advisors: Dimyati
Keywords: Konsep Pendidikan dalam al-Qur’an;menurut H. M. Quraish Shihab
Issue Date: 15-Apr-2015
Publisher: FITK UIN Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Pendidikan dalam al-Qur’an menurut H. M. Quraish Shihab. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu pemecahan masalah-masalah yang ada dengan usaha menganalisis dan menjelaskan dengan teliti kenyatan-kenyataan faktual dari subjek yang diteliti sehingga diperoleh gambaran yang utuh berdasarkan fakta. Dalam skripsi ini akan mengupas ide atau gagasan pendidikan dalam al-Qur’an menurut H. M. Quraish Shihab yang mencakup konsep pendidikan tarbiyah yang menitikberatkan pada pelaksanaan nilai-nilai Ilahiyat yang bersumber dari Allah Swt. Dalam konsep pendidikan ini, terdapat pesan-pesan dakwah yang telah disampaikan secara khusus, yakni meliputi tujuan pendidikan yakni membina manusia agar menyadari bahwa dirinya sebagai hamba Allah dan sebagai khalifah. Dengan menggunakan metode dialog dapat mengantarkan siswa agar berkomunikasi langsung dengan pendidik dan dapat mengantarkan peserta didik agar dapat berani menyampaikan pendapatnya. Selain itu ada juga sifat pendidikan Islam yang bersifat Rabbani. Dalam skripsi ini juga H. M. Quraish Shihab menjelaskan makna dari materi pembelajaran dalam al-Qur’an yakni menuntut pendidik agar menyampaikan materi pendidikannya dapat disajikan dengan meyakini kebenarannya melalui argumentasi-argumentasi yang rasional dan dalam metode penyampaian materi ada beberapa metode, diantaranya dalam metode kisah mengarahkan peserta didik agar mencari pengalaman dan mampu mengambil hikmah dari kisah tersebut, melalui metode keteladanan mengarahkan siswa dapat merubah prilakunya dan mencoba segala tindakan yang dijadikan teladan baginya, dalam metode nasihat menjadikan siswa dalam setiap tindakannya menjadi lebih baik dan dalam metode pembiasaan mengarahkan siswa untuk senantiasa membiasakan diri untuk berprilaku baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27072
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Fatimah NIM 1110011000136 (FITK).pdf9.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.