Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26972
Title: Penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran menulis tegak bersambung siswa kelas 1 MI Pasirangin 1 Sukabumi
Authors: Pipih Nurlatifah
Advisors: Tati Hartimah
Issue Date: 29-Jun-2015
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013
Abstract: Sebuah fakta di MI Pasirangin Sukabumi kelas I bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode atau strategi pembelajaran tradisional dan konvensional, yaitu ceramah, penugasan LKS, demonstrasi, dan tanya jawab. Dengan metode tersebut, prestasi belajar siswa kelas I cenderung kurang memenuhi KKM. Untuk itu siswa merasa perlu hadirnya suatu pembaharuan dalam pembelajaranya yakni penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu alternatif metode yang dapat digunakan adalah metode Poster Comment. Metode ini digunakan dengan harapan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Penelitian ini berlangsung di MI Pasirangin 1 Sukabumi dengan subjek penelitian siswa kelas I Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 21 orang dan dilaksanakan mulai bulan Maret sampai Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas I MI Pasirangin 1 di Sukabumi, Penelitian ini lebih memfokuskan pada penggunaan metode poster comment untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan empat tahapan; perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode poster comment meliputi: konsultasi; analisis SK, KD dan materi; pembuatan RPP, dan perencanaan evaluasi. (2) pelaksanaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung selama 2 siklus dengan tema budi pekerti yang baik. (3) Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa pada siklus I terlihat nilai siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata dari segi aspek teknik penulisan (72,14), tata bahasa (72,86) dan kreativitas (72,62). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata ketiga aspek tersebut adalah (72,54). Nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa saat postes dari aspek teknik penulisan (76,90), tata bahasa (72,29) dan kreativitas (78,81). Adapun nilai rata-rata ketiga aspek tersebut adalah (78,83).
Description: viii, 82 hal.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26972
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PIPIH NURLATIFAH-FITK.pdf2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.