Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26588
Title: Pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPIT Ruhama Depok
Authors: Arif Aditya
Advisors: Kadir
Keywords: realistic mathematics education;representasi matematis
Issue Date: 4-Jan- 23
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014
Series/Report no.: 0115-07-23534; 11057 PMT t
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran realistic mathematics education . Penelitian dilakukan di SMPIT Ruhama Depok pada tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, jurnal harian, pedoman wawancara, tes kemampuan representasi matematis, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa penerapan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Peningkatan kemampuan representasi matematis terlihat pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 71,78 meningkat menjadi 77,76 pada siklus II. Peningkatan kemampuan representasi matematis ini juga ditandai dengan peningkatan indikator verbal meningkat dari 72,16% pada siklus I menjadi 76,82% pada siklus II. Kemudian indikator pictorial meningkat dari 69,89% pada siklus I menjadi 77,27% pada siklus II. Sedangkan indikator symbolic meningkat dari 77,3% pada siklus I menjadi 79,09% pada siklus II. Disamping itu penerapan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education juga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan respon siswa. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 73,18% menjadi 84,9% pada siklus II, serta persentase respon positif siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68,45% menjadi 84,04% pada siklus II.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26588
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARIF ADITYA-FITK.pdf11.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.