Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26578
Title: Penerapan model motivasi ARCS dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan disposisi matematik siswa
Authors: Meri Susanti
Advisors: Tita Khalis Maryati
Lia Kurniawati
Keywords: disposisi matematik;model motivasi ARCS
Issue Date: 10-Oct-2014
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Abstract: Model motivasi ARCS merupakan pembelajaran yang menerapkan prinsip-prinsip motivasi dalam proses pembelajaran, yaitu Attention (perhatian), Relevance (relevansi), Confidence (keyakinan diri siswa) dan Satisfaction (kepuasan siswa). Disposisi matematik adalah keinginan, kecenderungan untuk memandang, berpikir dan berbuat dengan cara positif terhadap matematika. Melalui metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model motivasi ARCS dalam meningkatkan disposisi matematik siswa dan mendeskripsikan penerapan model motivasi ARCS dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-3 SMP PGRI 1 Ciputat Tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model motivasi ARCS dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan disposisi matematik siswa. Lebih lanjut penerapan model motivasi ARCS juga dapat meningkatkan aktivitas belajar, respon positif, dan hasil tes akhir siswa.
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MERI SUSANTI-FITK.pdf6.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.