Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26415
Title: Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah pada Bank BNI Syariah Cabang Fatmawati
Authors: Ahmad Zaki
Advisors: Mulkanasir
Keywords: Strategi, Pemasaran, dan Produk Gadai Emas Syariah.
Issue Date: 27-Mar-2015
Abstract: ABSTRAK Ahmad Zaki, NIM: 1110053000034, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Di Bawah Bimbingan H. Mulkanasir, BA., S.Pd., MM. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah Pada Bank BNI Syariah Cabang Fatmawati Persaingan antar Bank pada saat ini semakin ketat, termasuk di dalamnya perbankan syariah. Bank-bank bersaing memperebutkan pasar. Pemasaran merupakan proses yang tidak dapat dipisahkan dari perusahaan, begitu pula dengan perbankan. Sejalan dengan hal tersebut, masing-masing bank harus menentukan strategi yang tepat sebagai upaya memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabahnya. Penerapan strategi pemasaran yang tepat oleh perusahaan bertujuan agar dapat bertahan diera persaingan. Produk perbankan syariah pada saat ini masih baru dikalangan perbankan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produk perbankan syariah agar dapat menghadapi persaingan. Produk Gadai Emas Syariah, sebuah Produk Gadai Emas Syariah yang masih baru di pasaran. Bank BNI Syariah menetapkan Strategi Pemasaran yang tepat untuk memasarkan Produk Gadai Emas Syariah agar dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat serta menjaring nasabah baru dan mempertahankan nasabah yang lama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melakukan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk memaparkan perumusan masalah pertama dan kedua. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dan mekanisme produk gadai emas yang diterapkan di BNI Syariah. Hasil penelitian yang dilakukan, menyimpulkan bahwa produk gadai emas syariah ini adalah produk unggulan dan banyak diminati oleh masyarakat serta strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah dengan beberapa tahapan yaitu formulasi strategi yang dilakukan Bank BNI Syariah dalam memasarkan produk gadai emas melalui kerjasama dengan para pemilik toko emas dan para kelompok komunitas. Agar dapat melaksanakan program yang telah direncanakan, Bank BNI Syariah harus bisa memaksimalkan sisi keuangan atau meningkatkan struktur modal guna meningkatkan pelayanan pinjaman bagi para nasabah produk gadai emas. Implementasi strategi Bank BNI Syariah tercermin dalam struktur organisasi dimana tugas, wewenang dan tanggung jawab dijalankan sesuai job descriptionnya. Evaluasi strategi Bank BNI Syariah dilakukan berdasarkan dengan menetapkan standar kerja, pengukuran prestasi kerja, dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Dan mekanisme yang ditetapkan Bank BNI Syariah merupakan langkah apabila nasabah ingin melakukan transaksi produk gadai emas pada Bank BNI Syariah Cabang Fatmawati.
Description: xi, 74 hal, 29,5 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26415
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AHMAD ZAKI-FDK.pdf3.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.