Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26404
Title: Gambaran Kesiapan Self Directed Learning Pada Mahasiswa Tahap Pendidikan Klinik UIN Syarif Hidayatulah Dan Faktor– Faktor Yang Berhubungan
Authors: Nurhalimah Aruan
Advisors: Francisca A. Tjakradidjaja
Erfira Hermawan
Keywords: self directed learning;faktor-faktor yang berhubungan
Issue Date: 27-Mar-2015
Abstract: Self Directed Learning didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk berinisiatif dalam mengatur, mengelola dan mengontrol proses belajar dalam mengatasi berbagai permasalahan belajar dengan cara mengevaluasi dan menetukan cara belajar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Semakin tinggi nilai kesiapan self directed learning mahasiswa maka diharapkan semakin baik prestasi mahasiswa tersebut dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kesiapan self directed learning mahasiswa program studi pendidikan dokter UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahap pendidikan klinik dan faktor-faktor yang berhubungan. 108 responden mengisi kuesioner, untuk menilai tingkat kesiapan self directed learning responden dengan alat ukur Self Directed Learning Readiness Scale (SDLR). Tingkat kesiapan self directed learning dibagi menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Responden yang mempunyai tingkat kesiapan SDL rendah 11 orang (10,1%), responden yang mempunyai tingkat kesiapan SDL sedang 82 orang (75,9%), responden yang mempunyai tingakat kesiapan SDL tinggi 15 orang (13,9%). Faktor yang berhubungan dengan SDL pada penelitian ini jenis kelamin, tahun masuk universitas, asal sekolah, sumber bacaan, dan tahun masuk pendidikan klinik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26404
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurhalimah Aruan-FKIK.pdflengkap3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.