Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26282
Title: Pola komunikasi tutor terhadap anak jalanan dalam pembinaan ibadah di Yayasan Bina Insan Mandiri Depok
Authors: Indah Dwi Fujiani
Advisors: Nasichah
Issue Date: 5-Mar-2015
Abstract: ABSTRAK Indah Dwi Fujiani (1110051000085) Pola Komunikasi Tutor terhadap Anak Jalanan dalam Pembinaan Ibadah di Yayasan Bina Insan Mandiri Depok. Yayasan Bina Insan Mandiri adalah yayasan yang memberikan pendidikan gratis bagi anak jalanan, kaum marjinal dan para dhuafa yang bergerak di bidang pendidikan dan pembinaan. Dalam hal ini pembinaan yang dilakukan oleh tutor terhadap anak jalanan bertujuan agar ibadah mereka sesuai dengan norma agama, maka diperlukan suatu pembinaan yang dapat mencapai tujuan tersebut yaitu salah satunya dengan pembinaan ibadah serta pentingnya pola komunikasi yang digunakan oleh tutor di yayasan tersebut. Untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh tutor dan anak jalanan dalam pembinaan ibadah, maka penulis memaparkan dengan pertanyaan, bagaimana pola komunikasi yang digunakan tutor terhadap anak jalanan dalam pembinaan ibadah di YABIM ? Apakah yang menjadi faktor pendukung, penghambat dalam pembinaan ibadah ? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola komunikasi Joseph A. Devito dalam buku “komunikasi antarmanusia” yang mengatakan bahwa ada lima jenis pola komunikasi. Kelima jenis itu adalah pola roda yaitu pola yang mengarahkan seluruh informasi kepada individu yang menduduki posisi sentral., pola rantai adalah pola yang hubungan komunikasi garis langsung baik ke atas maupun ke bawah tanpa terjadinya suatu penyimpangan, pola lingkaran adalah pola yang tidak memiliki pemimpin semua posisinya sama dan pola bintang semua anggota nya berkomunikasi dengan semua anggota. Pola y relatif kurang tersentralisasi di banding dengan struktur roda. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripif analisis yaitu menggambarkan sesuatu sesuai dengan fenomena yang ada, dengan menggunakan pengamatan langsung atau observasi yang dilanjutkan dengan wawancara kepada narasumber dan kemudian menggunakan dokumentasi sebagai dokumen aktual dalam penyusunan penelitian ini. Setelah semua data yang dibutuhkan telah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menyusun data secara sistematis sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian dalam melakukan analisa data. Maka hasil yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembinaan ibadah anak jalanan para tutor menggunakan pola roda dan pola bintang. Bentuk komunikasi yang digunakan dalam pembinaan ibadah adalah komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Adapun hambatannya dari tenaga pengajar (tutor) dan faktor lingkungan. Pola komunikasi yang digunakan para tutor dalam pembinaan ibadah anak jalanan sudah berhasil dan efektif. Ini terbukti dari adanya komunikasi yang terjadi secara dua arah, persamaan makna dari hasil komunikasi yang menunjukan adanya feedback dari komunikan dan efek yang mengarahkan anak-anak untuk beribadah dengan baik dan benar.
Description: viii, 88 hal, 29,9 cam
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26282
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
INDAH DWI FUJIANI-FDK.pdf4.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.