UIN Repository
 

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta >
05 Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi >
0520 Bimbingan dan Penyuluhan Islam >
Skripsi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2595

Title: Metode bimbingan akhlak anak usia 4-7 tahun melalui cerita islami: kasus pada keluarga di Rt.03 Rw.01 Desa muara Jaya Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu-Riau
Advisor: Luthfi, M.
Authors: Khoirul Badriyah
Keywords: Akhlak dan Cerita Islami, Anak, Metode, Bimbingan
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2011
Series/Report no.: 0111-05-8732;2649 BPI d
Abstract: Dalam ajaran Islam anak juga disebutkan sebagai entitas dan subyek yang utuh dan orang tuanyalah yang nantinya memiliki hak penuh untuk mengarahkannya apakah ia menjadi generasi Islam. Hal ini diutamakan agar menjadi kerangka dasar dan landasan dalam membentuk pribadi anak yang saleh. Apalagi saat ini era teknologi informasi yang semakin tidak terbendung dimana menjadikan banyak generasi bangsa yang justru mengarah perkembangan yang semakin negatif, mulai dari etika dan perilaku yang tidak mencerminkan moral Islam menjadi ancaman serius masa depan anak. Inilah mengapa pembimbingan akhlak di keluarga Rt. 03 Rw. 01 Desa Muara Jaya melalui metode bercerita menjadi pilihan untuk menyelamatkan masa depan generasi sejak dini. Untuk itu, penulis merumuskan masalah yang menjadi obyek penelitian yaitu, a). Bagaimana metode bimbingan akhlak anak usia 4-7 tahun dalam keluarga Rt. 03 Rw. 01 Muara Jaya, b). Bagaimana bentuk dan materi bimbingan akhlak islami-nya, c). Bagaimana penerapan metode tersebut dalam keluarga. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, menggunakan teknik observasi-fenomenologi, wawancara-autoanamnesa, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan dengan bercerita orang tua dapat belajar kembali menambah khazanah keilmuan, “belajar berbicara” dengan dunia anak dan melakukan keteladanan dalam nilai Islam yang akan ditanamkan kepada anak, serta bagaimana penanaman bimbingan akhlak diterapkan. Cerita islami berperan sebagai metode penyampai informasi, transformasi nilai-nilai Islam, ilmu pengetahuan, agar anak tumbuh menjadi individu yang saleh secara individual dan sosial, cerdas secara emosional dan inetelektual di masa mendatang.
Description: xvii, 106 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2595
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:

File SizeFormat
KHOIRUL BADRIYAH-FDK.PDF1.23 MBAdobe PDFView/Open

Items in UIN Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.