Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25399
Title: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Metode Index Card Match di Kelas III SDN Cempaka Putih 1 Ciputat Timur
Authors: Lely Nur Fajrina
Advisors: Takiddin
Keywords: Hasil Belajar IPS;Metode Index Card Match
Issue Date: 15-Oct-2014
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match di Kelas III SDN Cempaka Putih 1 Ciputat Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2014 di SDN Cempaka Putih I Ciputat Timur dengan fokus penelitian pada siswa kelas 3 (Tiga). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus selama dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 94,28% dengan nilai rata-rata 91,14 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan. Sebaiknya dilakukan penelitian serupa untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga memperoleh hasil yang optimal dalam setiap pelajaran.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25399
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LELY NUR FAJRINA-FITK.pdf21.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.