Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25397
Title: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada Siswa Kelas V MI Unwaanunnajah Pondok Aren Tahun Ajaran 2014/2015
Authors: Anis Finalisa
Advisors: Muhammad Arif
Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman,;Metode SQ3R.
Issue Date: 26-Nov-2014
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada siswa kelas V MI Unwaanunnajah Pondok Aren tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Unwaanunnajah Pondok Aren tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ratarata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69 dan siklus II sebesar 83. Pada siklus I ditemukan bahwa dari 36 siswa yang mengikuti tes siklus I, terdapat 22 siswa mencapai nilai KKM dan 14 orang siswa belum mencapai nilai KKM. Namun, pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan seluruh siswa telah mencapai nilai KKM yaitu 70.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25397
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANIS FINALISA-FITK.pdf6.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.