Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25384
Title: Identifikasi Jenis-Jenis Batuan Di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Penelitian pada Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia Koridor Sulawesi 2013)
Authors: Suci Lestari
Advisors: Moch. Noviadi Nugroho
Sodikin
Keywords: Penelitian Deskriptif Analisis,;Survey;Jenis-Jenis Batuan dan Persebarannya
Issue Date: 11-Sep-2014
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Abstract: Latar belakang penelitian ini dikarenakan belum adanya data yang valid dari Dinas Pertambangan Mamuju mengenai identifikasi jenis-jenis batuan di Kabupaten Mamaju. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa dijadikan inventaris Sumber Daya Alam khususnya untuk jenis-jenis batuan di Kabupaten Mamuju. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan data dasar geologi dalam hal ini berupa potensi jenis-jenis batuan dan penyebarannya di Kabupaten Mamuju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dari Bulan Maret sampai dengan Bulan Juni 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui jenis-jenis batuan dan persebarannya adalah studi kepustakaan, dan studi lapangan yaitu dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh 15 jenis batuan dengan 5 temuan bahan galian golongan A yaitu basalt dengan kandungan radioaktif, dan batubara jenis subbituminous dan lignit, lalu 6 temuan bahan galian golongan B yaitu bijih besi (porfiri basal dan batupasir), bijih tembaga, emas, kuarsa, dan mangan, lalu 11 temuan untuk bahan galian golongan C yaitu peridotit, marmer, konglomerat, diorit, breksi, turquoise, batupasir, batulempung, batugamping terumbu, batugamping klastik, dan andesit. Jenis-jenis batuan inipun tersebar di 7 Kecamatan di Kabupaten Mamuju yaitu Kecamatan Kalukku, Kalumpang, Tommo, Tapalang, Bonehau, Karossa, dan Tobadak. Terdapat 5 temuan bahan galian golongan A (strategis), 6 temuan bahan galian golongan B (vital), dan 11 temuan bahan galian yang bukan termasuk A dan B (C).
Description: 1. Surat Telegram Panglima TNI Nomor TR/341/2012 tanggal 01 Juni 2012. 2. Surat Perintah Danjen Kopassus Nomor Sprin/1377/XI/2012 tanggal 14 November 2012.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25384
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SUCI LESTARI-FITK.pdf5.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.