Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25354
Title: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK)
Authors: Wahab
Advisors: Milama, Burhanudin M.Pd
Keywords: Talking Chips;Hasil Belajar;Konsep Alat Tubuh Makhluk Hidup dan Fungsinya
Issue Date: 3-Apr-2014
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran talking chips. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di MI Matla’ul Anwar Cibening Pamijahan Bogor dan obyek yang diteliti terbatas pada satu kelas yaitu kelas IV, dengan jumlah siswa 20 orang siswa. Pengambilan data melalui observasi dan Test (Pretest dan Postest). Penerapan model pembelajaran talking chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada konsep alat tubuh makhluk hidup dan fungsinya pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai 20 siswa pada siklus I ratarata pretest 50,5 setelah dilakukan treatment atau tindakan dan dilakukan postest ratarata nilai meningkat menjadi 68. Pada siklus I siswa yang dinyatakan lulus sesuai dengan KKM mencapai 45%, sementara harapannya adalah mencapai 75% siswa dari Standar Kompetensi. Dengan perincian yang dinyatakan lulus sebanyak 9 siswa dengan perincian 7 siswa atau skitar 35% mendapatkan nilai baik dan 2 siswa atau sekitar 10% mendapatkan nilai sangat baik. Sedangkan yang dinyatakan tidak lulus sebanyak 11 siswa atau sekitar 55% karena nilai skor tesnya kurang dari 70, sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran IPA yang telah ditentukan oleh madrasah. Kemudian jika dilihat dari penguasaan konsep yang ditunjukkan dengan N-Gain, rata-rata N-Gain sebesar 0.36, hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman dan penguasaan konsep sebesar 36%. Pada siklus II rata-rata pretest 64 setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Chips dilakukan postest rata-rata nilai meningkat menjadi 77. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus II, yang dinyatakan lulus sebanyak 20 siswa dengan perincian 18 siswa mendapatkan nilai pada kategori baik atau 90% dan 2 siswa mendapatkan nilai sangat baik atau 10%. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh siswa telah mendapatkan nilai sesuai dengan KKM , artinya penelitian tindakan pada siklus II telah mencapai target minimal pencapaian 75% siswa mendapatkan nilai mencapai KKM. kemudian jika dilihat dari penguasaan konsep yang ditunjukkan dengan N-Gain, rata-rata N-Gain sebesar 0.37, hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman dan penguasaan konsep sebesar 37%.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25354
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Wahab Watermark.pdf2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.