Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25112
Title: Implementasi Pendidikan berbasis nilai karakter dalam pembelajaran PAI
Authors: PIPIT SOFANI
Advisors: Abdul Haris
Keywords: Pendidikan Nilai Karakter;Pembelajaran PAI
Issue Date: 11-Apr-2014
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Abstract: Pendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilainilai, baik terhadap Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, maupun bangsa, sehingga akan terwujud insan kamil. hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar no 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa: ‚ÄúPendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Falaah, Sawahbaru-Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari actor yang terlibat diantaranya adalah siswa kelas 9 (IX) sebanyak 65 siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Angket sebagai alat untuk menjaring jawaban siswa, sedangkan wawancara dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah. Observasi dilakukan dengan melihat guru ketika mengajar di dalam kelas, dan mengamati kondisi sekolah dan segala objek penelitian di sekolah. Teknik analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam(PAI) mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan karakter yang diterapkan antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sesama.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25112
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PIPIT SOFANI-FITK.pdf17.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.