Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25069
Title: Manajemen Pemasaran Program Ta’min Ta’awuni Bmt Bintaro
Authors: Alvinasih Noor Siami
Advisors: Siti Hanna
Keywords: Asuransi Kesehatan, Ta’min Ta’awuni, Manajemen Pemasaran
Issue Date: 21-Jan-2014
Publisher: Fakultas Syariah Dan Hukum
Abstract: Kesadaran urusan asuransi kesehatan, rata-rata lebih dimiliki oleh kalangan menengah keatas, sebab mereka yang telah sadar memasuki lingkaran proteksi asuransi jiwa kesehatan itu, tentulah orang-orang yang sudah memiliki dana lebih besar dari menutup biaya hidup bulanan atau tahunan. Sedangkan pada masyarakat Indonesia yang relatif rendah pada kalangan menengah kebawah, asuransi adalah mustahil bagi mereka. Karena semua penghasilan mereka habis di kebutuhan primer (sementara asuransi adalah kebutuhan tersier). Padahal masalah sakit tidak ada yang tahu dan dapat menimpa semua orang baik kaya maupun miskin. BMT Bintaro adalah salah satu badan usaha berbentuk koperasi jasa keuangan syariah yang sesuai dengan pemahaman salaful ummah. BMT Bintaro memiliki produk unggulan yaitu program ta’min taawuni yang merupakan akad hibah yang pada dasarnya bertujuan untuk saling tolong-menolong meringankan beban kerugian, dan ikut andil menanggung penderitaan saat terjadi musibah. Program ta’min taawuni adalah layanan bantuan biaya pengobatan atau perawatan yang dikelola oleh koperasi BMT Bintaro yang memberikan kontribusi tabarru Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) Untuk mengetahui konsep dan prosedur program ta’min ta’awuni (2) Untuk mengetahui manajemen pemasaran (3) Untuk menganalisis kesesuaian syariah berdasarkan fiqh muamalat dan Fatwa DSN-MUI. Manajemen pemasaran BMT Bintaro belum dilakukan secara optimal sehingga berdampak pada program ta’min ta’awuni yang hingga kini belum banyak dikenal masyarakat. BMT Bintaro seharusnya membuat suatu komunitas dalam daerah tertentu untuk mengumpulkan anggota ta’min dan bukan untuk perorangan. Program ta’min ta’awuni telah sesuai dengan kaidah Fiqh Muamalat dan Fatwa DSNMUI Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kulitatif. Teknik pengumpulan melalui Library Research dan Field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif.
Description: 67 Halaman
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25069
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alvinasih Noor Siami.FSH.pdf3.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.