Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24921
Title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Metode Turnamen Belajar (Learning Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Min Parung
Authors: Siti, Nurjanah
Advisors: Afidah, Mas'ud
Keywords: Hasil Belajar,;Metode Turnamen Belajar
Issue Date: 5-Sep-2013
Publisher: FITK UIN Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode turnamen belajar dan yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional, dan untuk mengetahui pengaruh metode turnamen belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan Di MIN Parung pada kelas IV. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan metode turnamen belajar dan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest-Only Control Group Design. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika siswa, berbentuk tes uraian. Dari nilai tes hasil belajar matematika siswa diperoleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari perhitungan uji hipotesis dengan mengunakan uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,70 > 1,68). Maka terima H1, rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif metode turnamen belajar lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Dengan demikian metode turnamen belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24921
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Nurjanah.pdf14.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.