Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24920
Title: Konsep Pendidikan Humanis Dalam Perspektif Hadits
Authors: Suci, Nurpratiwi
Advisors: Jejen, Musfah
Keywords: Konsep Pendidikan Humanis;Perspektif Hadits
Issue Date: 12-Dec-2013
Publisher: FITK UIN Jakarta
Abstract: Manusia di pandang sebagai makhluk Tuhan yang memiliki fitrah-fitrah tertentu yang harus dikembangkan secara optimal. Pendidikan yang memanusiakan adalah pendidikan yang mampu mengembangkan pribadi seseorang dengan semua aspeknya. Rasulullah saw telah mengingatkan kepada umat Islam dengan haditsnya bahwa pendidikan harus dilakukan dengan berdasar atas nilai-nilai kemanusiaan. Dalam pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan, pendidik merupakan tokoh sentral terhadap berkembangnya kemampuan dan potensi anak didik. Penggunaan metode pembelajaran yang humanis dalam memberikan pengajaran termasuk salah satu hal yang perlu diperhatikan. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan jenis penelitian kualitatif. Penganalisaan data lebih difokuskan pada penelitian kepustakaan (library research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas, yaitu berpedoman dari kitab hadits shahih Bukhari sebagai referensi primer dan buku-buku lain yang mendukung sebagai referensi sekunder. Pendekatan kualitatif penulis gunakan untuk menganalisis sudut pandang hadits terhadap konsep pendidikan yang humanis. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik content analysis. Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode deskriptif karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan bukan angka-angka. Hasil penelitian ini adalah mengenai konsep pendidikan yang humanis terhadap pendidik dan metode pembelajaran dalam sudut pandang hadits. Seorang pendidik yang humanis harus dapat mengetahui dan memahami kondisi psikologis siswa, menunjukkan kasih sayang dan kepeduliannya, juga tegas terhadap siswa tanpa harus marah. Sedangkan metode pembelajaran yang humanis merupakan cara guru memberikan kebebasan kepada siswa dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Metode belajar humanis diantaranya yaitu metode simulasi, eksperimen, diskusi, gradual, pemberian reward, kontrak belajar, dan tanya jawab. Dalam metode pembelajaran yang humanis guru harus mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa agar dapat berpikir kritis dan mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan dan sikap. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pencerahan akan pentingnya humanisme dalam pendidikan, yaitu mengedepankan pendekatan humanis dalam pengembangan potensi peserta didik. Maka akan tercipta suasana belajar mengajar yang kondusif, penuh kasih sayang, membebaskan dan demokratis. Sehingga dapat terwujudnya tujuan pendidikan yaitu memanusiakan manusia.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24920
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Suci Nurpratiwi.pdf5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.