Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24857
Title: Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Media Audio Visual di Kelas VII A MTs Qotrun Nada Depok
Authors: Mufa, Humaidi
Advisors: Khadijah, Siti
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Fiqih
Issue Date: 2-May-2014
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran Fiqih melalui Media Audio Visual dikelas VII A MTs Qotrun Nada, (2) Dapat mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual, (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui media audio visual dengan setelah menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan upaya mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada penyampaian materi dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa melalui media audio visual ini mengalami peningkatan. Perincian nilai rata-rata adalah sebagai berikut : pretes I rata-ratanya 68, pretes II rata-ratanya 71,50. Postes I rata-ratanya 79,27. postes II rata-ratanya 87,50. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai normali gain, yakni N-Gain I -0,3 N-Gain II 0,5. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan melalui media audio visual dirasa sudah mengalami peningkatan karena pencapain nilai diatas KKM sudah melebihi target yang cukup tinggi yaitu 98%.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24857
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
humaidi mufa (watermark).pdf11.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.