Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2482
Title: Pengaruh pengelolaan kelas terhadp hasil belajar fiqih siswa MTS Soebodo Mantofani Jombang Ciputat Tangerang Selatan
Authors: Nurhayati
Advisors: Ahmad Syafi'I Noor
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan,2010
Series/Report no.: 0111-05-8281;6359 PAI t
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar fikih siswa MTs Soebono Mantofani Jombang-Ciputat Tangerang Selatan. Secara operasional yang dimaksud dengan pengelolan kelas pada penelitian ini adalah penataan ruangan kelas, penataan alat pengajaran dan penataan kondisi siswa yang dilakukan guru bidang studi fikih di dalam kelas. Sedangkan yang dimaksud dengan hasil belajar fikih pada penelitian ini adalah untuk mengantarkan siswa agar lebih mengetahui dan memahami tata cara yang berkaitan dengan perubahan seorang muslim baik yang berhubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam sehingga dapat tercapai tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Soebono Mantofani Jombang-Ciputat Tangerang Selatan dari bulan februari-april 2010 yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i MTs Soebono Mantofani kelas VIII dengan jumlah 40 orang. Ini merupakan sebagian dari populasi yang berjumlah 173 orang siswa/i MTs Soebono Mantofani Jombang. Data tentang pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar fikih siswa diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa/i MTs Soebono Mantofani Jombang. Metode yang digunakan adalah korelasi product moment dari pearson dengan taraf 5%. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar 0,587. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan df = 38 taraf signifikansi 5% adalah 0,320, berarti r hitung lebih besar dari r tabel. Dengan demikian hipotesis nol yang menyatakan tidak terdapat hubungan positif yang nyata antara pelaksanaan pengelolaan kelas dengan hasil belajar fikih siswa ditolak dan sebaliknya hipotesis alternative yang menyatakan terdapat hubungan yang nyata antara pelaksanaan pengelolaan kelas dengan hasil belajar fikih siswa diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengelolaan kelas dapat meningkatkan hasil belajar fikih siswa MTs Soebono Mantofani Jombang-Ciputat Tangerang Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru dalam mengelola kelas di MTs Soebono Mantofani Jombang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Soebono Mantofani Jombang-Ciputat Tangerang Selatan.
Description: ii: 61 hal.; 24 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2482
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
98329-NURHAYATI M-FITK.pdf740.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.