Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24750
Title: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Mts Negeri Parung
Authors: Khodijah
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an
Issue Date: 8-Jan-2013
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Baca tulis Al-Qur’an di MTs Negeri Parung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, yang diambil dari hanya kelas VIII. Dalam pengolahan data, penulis mengambil pola perhitungan statistik dalam bentuk prosentase, artinya setiap data diprosentasikan setelah ditabulasikan dalam bentuk frekuensi untuk setiap jawaban. Langkah pertama adalah menyeleksi data. Data yang disebarkan kepada siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa dalam bentuk angket harus dikembalikan dalam jumlah yang sama dan semuanya dapat di olah. Langkah selanjutnya adalah mengolah data dengan menggunakan tabulasi frekuensi. Frekuensi tersebut dinyatakan dalam bentuk persentase, sehingga kecenderungan setiap jawaban dapat diketahui dengan kemungkinan menggunakan satu tabel yang langsung dibuat frekuensi dan prosestasenya. Dengan demikian kesimpulannya Bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an cukup baik, tetapi terdapat kelemahankelemahan pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu peragaan yang dilakukan guru belum memberikan kontribusi belajar terhadap pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran, guru tidak selalu memberikan pertanyaan mengenai materi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sebelumnya, kesulitankesulitan siswa dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, kurangnya perhatian guru terhadap kondisi masing-masing siswa baik dalam penyampaian materi maupun pemantauan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an cukup baik. Dalam kaitannya dengan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap siswa dan juga pelaksanaan pengajaran peran pihak sekolah dan guru Baca Tulis Al- Qur’an dapat memberikan kontribusi yang besar dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa dalam hal membaca huruf Al-Qur’an dengan tartil serta penulisan ayat-ayat Al-Qur’an agar lebih maksimal. Bahwa langkah dan upaya yang direkomendasikan untuk dilaksanakan adalah: pertama jangka pendek yaitu mengembangkan metode yang variatif, releks, mengembirakan dan menyenangkan, juga menerapkan metode perpaduan secara intens berbasis peserta didik. Kedua, jangka panjang, yaitu penggunaan metode khusus (Iqra, dll) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24750
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KHODIJAH-FITK.pdf7.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.