Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24725
Title: Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah
Authors: Syukur, Yakub
Advisors: Achmad, Gholib
Keywords: Ibnu Qayyim al-Jauziyah;& Pendidikan Usia Dini
Issue Date: 17-May-2013
Publisher: FITK UIN Jakarta
Abstract: Dalam lingkungan keluarga dewasa ini, pendidikan anak usia dini masih sering dianggap hanya sebagai bentuk tradisi yang turun temurun, namun hal itu sangat tidak boleh disepelekan perhatiaanya bagi kedua orang tua. Karena perlu diketahui seorang anak yang akan dewasa nanti perilakunya, sikap dan tutur katanya, itu semua dipengaruhi pada awal perkembangannya yaitu usia dini (saat awal perkembangan anak). Dimana usia tersebut membutuhkan perhatian penuh dari orang tua serta bimbingan yang kondusif untuk menunjang kreativitasnya dalam segala bidang dan aspek-aspek yang ada pada potensi anak usia dini tersebut. Penelitian dalam skripsi ini, mengacu pada konsep yang dipaparkan oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab “Tuhfatul Maudud Bi Ahkamil Maulud”. Dengan mengambil judul Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui karakteristik pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim Al- Jauziyyah, 2) untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, 3) untuk mengetahui relevansi pendidikan anak usia dini dengan pendidikan Islam. Jenis Penelitian ini, Penelitian Pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Yaitu penelitian yang menggambarkan sifat-sifat atau karakteristik individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu. Dengan metode deskriptif kontent analysis yaitu metode dengan menganalisis isi dan mendeskripsikannya dari objek yang diteliti melalui sumber-sumber yang terkait dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah: 1) Karakteristik Pendidikan Anak Usia Dini meliputi 2 masa: a) Masa menyusui pada usia 0-2 tahun yang memiliki tahapan perhatian yaitu: Memberikan perhatian pada anak dengan stimulus atau rangsangan individu, baik itu nama, suasana agamis dan pengasuhan seperti mentahnik, mengakikah dan mengkhitan. b) Masa Batuta pada usia 3-6 tahun adalah perhatian orang tua dalam mendidik anaknya meliputi 5 aspek tanggung jawab yaitu: tanggung jawab pendidikan iman, akhlak, sosial, fisik dan intelektual. 2). Aspek-aspek yang mempengaruhi pendidikan anak usia dini meliputi dua hal: a) aspek hereditas, dan b) aspek lingkungan. 3) Relevansi konsep pendidikan anak usia dini dengan pendidikan Islam yaitu pentingnya orang tua dalam mendidik dan menumbuh-kembangkan potensi-potensi anak agar menjadi generasi yang unggul dan kreatif. Karena orang tua merupakan faktor utama dan pertama yang berpengaruh bagi pendidikan keislaman anak. selain itu lingkungan juga sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian anak.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24725
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Syukur Yakub.pdf3.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.