Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24688
Title: Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Ips Di Sma An-Najah Rumpin-Bogor
Authors: Mochammad Iqbal
Advisors: Muhammad Arif
Keywords: Pembelajaran Audio Visual
Issue Date: 10-May-2013
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2013
Abstract: Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar Sejarah kelas XI IPS di SMA An-Najah Rumpin-Bogor, yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS di SMA An-Najah Rumpin-Bogor. Instrument yang dipakai adalah lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan tes (pre test dan post test). Data yang diperoleh dari instrument penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dan dengan menggunakan N-Gain untuk melihat selisih antara pre test dengan post test pada setiap siklus, untuk melihat perbedaan hasil belajar pada setiap siklus. Temuan hasil penelitian ini menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar Sejarah XI IPS di SMA An-Najah Rumpin,-Bogor, ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan II. Pada siklus I Nilai rata-rata untuk Pretest pada siklus II adalah 65.00 lebih meningkat dibandingkan pre test Siklus I yang hanya sebesar 52.90. Setelah dilakukan Post test pada akhir siklus data yang diperoleh adalah nilai rata-rata hasil Post Test siklus II adalah 85.32 lebih meningkat dibandingkan Siklus I sebesar 64.19 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 75, Seluruh siswa telah mencapai nilai KKM 75 atau dapat dikatakan keberhasilan mencapai 100%. Jika dihitung menggunakan rumusan N-Gain kemampuan siswa mengalami peningkatan sebesar 0.67 dari siklus I sebesar 0,37 atau masuk kedalam kategori sedang. Hasil dari siklus II sudah mencapai 100% selanjutnya menjadi unsur terpenting dalam peningkatan hasil belajar sejarah kelas XI IPS SMA An-Najah Rumpin-Bogor. Karena dengan penggunaan media pembelajaran audio visual ini berusaha untuk membuat siswa mempermudah menangkap materi, memperkuat daya ingat materi, dan proses belajar mengajar jadi menyenangkan tentunya mendukung dalam tercapainya hasil belajar yang diharapkan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24688
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOCHAMMAD IQBAL-FITK.pdf49.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.