Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24677
Title: Penerapan Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create And Share) Untuk Meningkatkan Disposisi Matematik Siswa
Authors: Pusti Lestari
Advisors: Gelar Dwirahayu
Keywords: Model Pembelajaran SSCS,;Disposisi Matematik.
Issue Date: 26-Jul-2013
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2013
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji 1) Bagaimana model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan disposisi matematik siswa, 2) Bagaimana peningkatan disposisi matematik siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model SSCS, 3) Bagaimana peningkatan hasil tes belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan SSCS. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jatisari tahun ajaran 2012/2013 pada bulan Maret 2013 – Mei 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala disposisi matematik, tes hasil belajar, wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan Model Pembelajaran SSCS dapat meningkatkan disposisi matematik dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor disposisi matematik siswa dari 68,69 pada siklus I menjadi 71,51 pada siklus II. Peningkatan mencangkup setiap aspek disposisi, yaitu ketertarikan, kepercayaan diri, kegigiha, fleksibilitas dan metakognisi siswa. Selain itu, hasil penelitian juga menujukan bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan di siklus II.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24677
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pusti Lestari.pdf28.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.