Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2448
Title: Hubungan intensitas pengakses facebook dengan motivasi belajar pada siswa Man 13 Jakarta
Authors: Chairunnisa
Advisors: Bambang Suryadi
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakrta: Fakultas Psikologi, 2010
Series/Report no.: 0111-05-8038;945 PSI p
Abstract: Penelitian kuantitatif dengan studi korelasional ini masuk ke dalam fase perkembangan remaja yaitu pada rentang usia 15-18 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan aspek-aspek dari intensitas mengakses facebook dan motivasi belajar pada teori Frandsen (1989). Jumlah item pada masing masing skala adalah 2 item untuk skala intensitas mengakses facebook dan 31 item untuk motivasi belajar. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson didapatkan nilai r hitung sebesar 0.266 dengan p value sebesar 0.017. Sementara nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N 81 adalah sebesar 0.220. Karena nilai r hitung yang didapat (0.266) > r tabel (0.220) (p value < 0.05), maka hipotesis nihil (H¬0) yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar ditolak. Dengan demikian hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar siswa MAN 13 Jakarta diterima. Artinya meningkatnya intensitas mengakses facebook yang ‘tinggi’ diikuti oleh motivasi belajar siswa MAN 13 yang ‘sedang’. Maka dapat disimpulkan bahwa para siswa MAN 13 tersebut mempunyai intensitas mengakses facebook yang ‘tinggi’ Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperbanyak variabel pendukung sehingga didapat hasil yang lebih jelas. Disamping itu penelitian selanjutnya juga dapat menggunakan teori yang dikemukakan oleh tokoh lain, serta mengadakan penelitian pada fase perkembangan yang lain, seperti orang dewasa. Untuk penelitian selanjutnya mengenai motivasi belajar juga, ada baiknya meneliti variabel lain seperti prestasi belajar siswa, budaya, status sosial ekonomi maupun pola asuh orang tua.
Description: ii: 76 hal.; 24 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2448
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
CHAIRUNNISA-FPS.PDF1.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.