Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24279
Title: Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Smp Muhammadiyah 17 Ciputat
Authors: Siti, Humaeroh
Advisors: Sururin
Keywords: Kecerdasan Emosional;Prestasi Belajar PAI
Issue Date: 21-May-2013
Publisher: Sururin
Abstract: Kecerdasan emosional dipandang sebagai salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting terhadap prestasi belajar anak. Apabila tingkat kecerdasan emosional siswa tinggi, maka dapat menimbulkan rasa empati ,rasa saling menghargai satu sama lain dan kesadaran memotivasi diri sendiri dalam proses belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Sebaliknya, bila tingkat kecerdasan emosional siswa rendah, maka berakibat menurunnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan uraian tersebut rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 17 Ciputat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif analisis dengan mengambil sampel 40 siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment (r) sebesar 0,844 yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan, korelasi ini tergolong korelasi yang kuat dan tinggi. Pengaruh tingkat kecerdasan emosional (X) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa (Y) mendapat angka koefisien determinasi sebanyak 64%, sedangkan sisanya 36% merupakan variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara tingkat kecerdasan Emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 17 Ciputat. Oleh karena itu, apabila siswa memiliki kecerdasan emosional yang baik dapat memberikan kontribusi yang baik juga terhadap prestasi belajarnya. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar para pendidik memberikan pelajaran serta pengetahuan kepada siswa tentang segala hal yang berhubungan dengan kemampuan yang ada dalam diri termasuk kecerdasan emosional, tidak hanya pengetahuan yang bersifat rasional saja yang harus diajarkan akan tetapi pengetahuan tentang kemampuan mengenali emosi sendiri, kemampuan mengelola emosi, kemampuan berempati dan keterampilan sosial juga perlu diajarkan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24279
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Humaeroh.pdf15.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.