Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2421
Title: Pengaruh model pembelajaran elaborasi metode PQ4R terhadap hasil belajar matematika siswa
Authors: Tinah
Advisors: Mulyono
Keywords: model elaboration metode pq4r;hasil belajar
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: UIN Syarif Hidaytullah Jakarta: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2010
Series/Report no.: 0111-05-7986;6524 PMT t
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model elaborasi metode PQ4R terhadap hasil belajar matematika siswa, dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only. Penelitian dilakukan di SMP Negeri I Lebak Gedong tahun pelajaran 2009/2010, dengan subjek penelitian 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa untuk masing-masing kelas eksperimen dan kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai = 2,09 kemudian dibandingkan dengan pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 68, diperoleh nilai = 1,661, karena atau 2,09 > 1,661, sehingga diterima. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model elaborasi metode PQ4R lebih tinggi dari pada rerata hasil belajar yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model elaborasi metode PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa
Description: xi, 133 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2421
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
98064-TINAH-FITK.pdf928.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.