Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/225
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAMIR, Fatmawatiin_ID
dc.contributor.authorIRFANI, Fitri-
dc.date.accessioned2012-10-05T13:59:21Z-
dc.date.available2012-10-05 13:59:21.703+07-
dc.date.copyright26 Oktober 2011-
dc.date.created2011-
dc.date.issued2012-10-05-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/225-
dc.descriptionviii, 75 hal.; 28 cm.in_ID
dc.description.abstractTerpaan media adalah keadaan dimana seseorang mengalami penerimaan pesan dari media, baik yang dilakukan sesekali ataupun yang dilakukan berulangulang. Dalam hal ini iklan mengambil peranan yang dominan guna mempromosikan produk yang mereka akan pasarkan pada konsumen. Hal ini bisa jadi memicu perilaku konsumtif, ketika individu yang menerima terpaan tidak dapat mengendalikan keinginan yang berlebihan. Namun begitu hal ini pun masih dapat disaring dengan perbedaan individu yang bisa jadi membedakan presepsi dan efek yang diterima setipa individu, meskipun diterpa iklan yang sama. Penelitian ini menggunakan teori reinformant imitasi dengan pengukurang menggukan konsep indifidual differences. Adapun hipotesisnya adalah terdapat pengaruh tingkat terpaan iklan fashion majalah terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 2 Kota Tangerang selatan, dan faktor perbedaan individu mempengaruhi kuat terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan yang diterpa iklan fashion majalah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat terpaan iklan yang diterima individu terhadap perilaku konsumtif. Dan bagaimana perilanku konsumtif individu ketika terpaan iklan yang diterima disaring melalui faktor perbedaan individu. Faktor individu yang digunakan untuk mengukur, yakni selective attention, motivasi, kepercayaan, pendapat dan pembujukan, serta kepribadian dan penyesuaian diri. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yakni penelitian survey. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan sebanyak 60 orang. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu peristiwa sebenarnya mengenai objek penelitian. Dan untuk analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji-t (parsial) menunjukkan faktor-faktor individual differences dan tingkat terpaan iklan berpengaruh positif secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa. Sedangkan, kontribusi variable faktor perbedaan individu dan tepaan iklan terhadap perilaku konsumtif ditujukan oleh koefisien determinasi yang telah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,252 artinya bahwa tingkat terpaan iklan, selective attention, motivasi, kepercayaan, pendapat dan pembujukan serta kepribadian dan penyesuaian diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan sebesar 25,2 % sedangkan sisanya sebesar 74,8 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang digunakan oleh penulis. Hasil penelitian ini mendapatkan R= 0,514 menunjukan R hampir mendekati angka 1, artinya antara variabel tingkat terpaan iklan, selective attention, motivasi, kepercayaan, pendapat dan pembujukan serta kepribadian dan penyesuaian diri terhadap perilaku konsumtif siswa mempunyai pengaruh.in_ID
dc.publisherFakultas Ilmu Dakwah Dan Komunikasiin_ID
dc.relation.ispartofseries0111-10-9837;2787 KPI din_ID
dc.titlePengaruh iklan fashion majalah terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatanin_ID
dc.typeSkripsiin_ID
dc.uinjkt.lokasiLantai 3in_ID
dc.uinjkt.pemilikPerpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakartain_ID
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101342-FITRI IRFANI-FDK.PDF971.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.