Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21845
Title: Pengaruh orientasi tujuan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Bimbingan belajar LBB Primagama
Authors: Dini Mayasari
Advisors: Rachmat Mulyono
Fadhilah Suralaga
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2011
Series/Report no.: 0111-09-9248;1063 PSI p
Abstract: Pemahaman akan keberhasilan siswa di sekolah dewasa ini masih diukur dari dapat atau tidaknya siswa berhasil mencapai nilai prestasi akademis yang telah ditetapkan sekolah. Parameter pencapaian nilai prestasi akademis di Indonesia dapat dilihat dari standar nilai kelulusan yang tinggi yang harus dicapai siswa sebagai syarat untuk dapat masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA / sederajat), penyeleksian siswa masuk Perguruan Tinggi dan dalam pemilihan jurusan di SMA. Pencapaian prestasi belajar tersebut mendorong banyak siswa untuk mengikuti bimbingan belajar di lembaga bimbingan belajar (LBB). Adanya parameter keberhasilan siswa di sekolah yang mengutamakan memperoleh nilai yang tinggi, akan berpengaruh pada tujuan keterlibatan siswa dalam perilaku berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi tujuan, motivasi belajar, minat pada jurusan dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa SMA peserta bimbingan belajar di LBB Primagama. Orientasi tujuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah orientasi tujuan belajar siswa yang diukur dari dimensi orientasi tujuan yaitu orientasi taskinvolved dan orientasi ego involved. Menurut Nicholls (dalam Slavin, 1994; dan Pintrich & Schunk, 1996) Orientasi task-involved adalah orientasi motivasional yang dimiliki siswa yang menekankan pada mendapatkan pengetahuan dan peningkatan atau perbaikan diri sebagai hal yang utama. Sedangkan orientasi ego-involved adalah orientasi motivasional yang dimiliki siswa yang menekankan pada pengakuan dan penghargaan dari orang lain, serta memperoleh nilai yang baik sebagai hal utama (dalam Slavin, 1994 dan Pintrich & Schunk, 1996). Motivasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah jenis motivasi yang mendorong siswa belajar di lembaga bimbingan belajar yang diukur pada lima aspek dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang dikemukakan oleh Harter dan Deci & Ryan (dalam Pintrich & Schunk, 1996). Menurut Brophy, Pintrich & Schunk (dalam Santrock, 2002) Motivasi adalah suatu kekuatan yang mendorong, menyokong individu untuk melakukan tindakan langsung guna mencapai
Description: vii, 83 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21845
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DINI MAYASARI-FPS.PDF499 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.