Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21532
Title: Pengaruh kualitas pengajaran guru PAI terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Qur'an Hadits
Authors: Deden Rahman Budiman
Advisors: Abdul Ghofur
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2010
Series/Report no.: 0111-05-8091;6058 PAI t
Abstract: Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting selain komponen yang lainnya, seperti tujuan, kurikulum, metode, sarana dan prasarana, lingkungan dan evaluasi. Guru juga berperan penting dalam kaitannya dengan kurikulum, karena gurulah yang secara langsung berhubungan dengan murid. Pada dasarnya, fungsi dan peranan penting guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai director of learning (direktur belajar). Artinya setiap guru diharapkan untuk pandai-pandai mengarahkan kegiatan belajar siswa agar mencapai keberhasilan belajar sebagaimana yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. Guru sebagai pendidik formal di sekolah, memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran di sekolah. Selain itu guru juga memikul tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, terutama guru agama dalam mengajar bidang studinya, karena guru agama dalam mengajar bukan hanya mengajar tetapi juga harus melaksanakan pendidikan dan pembinaan. Oleh sebab itu guru dituntut mempersiapkan diri agar memiliki keterampilan dan kualitas pengajaran yang baik. Jika guru tidak memiliki keterampilan dan kualitas pengajaran yang baik, tidak mustahil seorang guru akan sulit dalam merealisasikan fungsi dan peranannya dalam proses belajar mengajar. Dan hal ini juga bisa berpengaruh besar pula terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu kualitas pengajaran yang baik salah satunya adalah ditunjukan dengan adanya prestasi belajar siswa. Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan metode survey yakni melihat dan meneliti serta mengamati segala bentuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pengajaran guru agama dengan prestasi belajar siswa, maka penulis menggunakan teknik analisis deskriptif korelasi, yang bertujuan untuk mendeskripsikan data, analisa dan menginterpretasikan data yang diperoleh dari responden. Setelah melakukan penelitian dan mengolah data, didapatkan hasil perhitungan rxy = 0,708 yang berada pada rentang 0,70-0,90 (pada tebel interpretasi) yang menunjukan adanya korelasi positif antara variabel X (Kualitas Pengajaran Guru) dan variabel Y (prestasi belajar siswa) yang kuat atau tinggi. Sedangkan rt masing-masing sebesar 0,361 dan 0,463 dengan demikian ternyata bahwa ro adalah lebih besar dari pada rt (0,708 > 0,361 < 0,463) baik dalam taraf signifikansi 5% maupun 1%. Karena ro lebih besar maka hipotesa alternatif (Ha) diterima karena tidak teruji kebenarannya, sedangkan hipotesa Nihil (Ho) ditolak. Sedangkan kontribusi kualitas pengajaran guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 50,1264% dan sisanya 49,8736% lagi dipengaruhi oleh faktor yang lain. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa kualitas pengajaran seorang guru agama dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Description: iv: 85 hal.; 24 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21532
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DEDEN RAHMAN BUDIMAN-FITK.pdf614.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.