UIN Repository
 

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta >
07 Fakultas Psikologi >
0700 Psikologi >
Skripsi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21343

Title: Hubungan antara Adversity quotient dengan prestasi belajar siswa SMUN 102 Jakarta Timur
Advisor: Dra. Netty Hartati, M.Si
Authors: Haratussaani Hasanah
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2011
Series/Report no.: 0110-09-6719;920 PSI p
Abstract: (F) Manusia adalah pembelajar sejati yang terus belajar sejak ia lahir hingga akhir hayat, baik belajar secara formal maupun informal. Belajar itu sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah adversity quotient atau daya juang. Adversity quotient merupakan pengukuran kemampuan seseorang dalam merespons suatu tantangan dalam kehidupannya untuk mencapai keberhasilan, salah satunya yaitu pencapaian prestasi belajar. Dengan adanya daya juang, diharapkan siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa SMUN 102 Jakarta Timur. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis kerja (Ha) “Ada hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa SMUN 102 Jakarta Timur”. Adversity quotient disini mengacu kepada aspek-aspek control (kendali), origin dan ownesrship (asal usul dan pengakuan), reach (jangkauan), dan endurance (daya tahan). Dan prestasi belajar dalam penelitian ini adalah nilai atau hasil yang diperoleh dari evaluasi atau aspek-aspek lainnya yang dikuantitatifkan dan tercermin dalam nilai rapor siswa pada semester II. Penelitian dilaksanakan di SMUN 102 Jakarta Timur dengan jumlah sampel 113 siswa yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah skala model Likert. Jumlah item untuk skala adversity quotient sebanyak 28 item dan untuk prestasi belajar menggunakan nilai rata-rata rapor siswa pada semester II. Teknik pengolahan dan analisa data dilakukan dengan analisa statistik menggunakan program SPSS 16.00 yang meliputi Pearson’s Product Moment untuk menguji validitas item, Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen pengumpul data, dan Spearman Correlation untuk pengujian hipotesis penelitian. Setelah skala Adversity Quotient diuji validitasnya dengan product moment Pearson dan diuji reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach, maka didapat 28 item yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,8305. berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil rhitung 0,042 < rtabel α = 0,05 (0,1832). Hasilnya Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar siswa SMUN 102 Jakarta Timur.
Description: xiv, 56 p.; 26 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21343
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:

File SizeFormat
HAIRATUSSANI HASANAH-FPS.PDF1.53 MBAdobe PDFView/Open

Items in UIN Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.