Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21246
Title: Reformulasi pendidikan agama islam: sebuah model internalisasi nilai-nilai etika keutamaan
Authors: Anwar, M . Danial
Advisors: Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A
Keywords: reformasi;internalisasi;etika keutamaan
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Series/Report no.: 0110-08-6445;6265 PAI t
Abstract: Membentuk peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia merupakan tujuan penting dan prioritas dalam Pendidikan Agama Islam. Di sisi lain, masih banyaknya peserta didik yang sering dinilai tidak hanya kurang memiliki kesantunan, baik di rumah maupun sekolah tetapi juga di lingkungan masyarakat, seperti meminum minuman keras, mengkonsumsi obat-obatan, seks di luar nikah, tawuran antar pelajar dan lain-lain. Permasalahan di atas merupakan indikasi bahwa pendidikan agama Islam dapat dikatakan gagal atau belum berhasil dalam membentuk akhlak mulia peserta didik. Menurut para tokoh, baik pendidikan, sosiolog, psikolog maupun agama, menjelaskan bahwa perilaku peserta didik sangat dipengaruhi oleh peran pendidikan di dalam keluarga. Di dalam kelurgalah peserta didik akan mendapatkan bimbingan dan pendidikan pertama kali. Melihat permasalahan tersebut maka pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia (etika keutamaan) harus melakukan sebuah rumusan kembali yaitu strategi internalisasi nilai-nilai akhlak yang fokus di lingkungan keluarga.
Description: ix,75 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21246
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.