Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/20684
Title: Prediksi kecenderungan konsumen dalam memilih jenis kendaraan poda empat berdasarkan spesifikasi kendaraan mengunakan decision tree dengan metode gini
Authors: Mahbubul Wathoni
Advisors: Taufik Edy Sutanto
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, 2006
Series/Report no.: 09-178;178 MIP s
Abstract: ABSTRACT The world of business has always been full of competitions. The executors think relentlessly of the way to get survived. Fortunately. in the modem business world, there is valuable data warehouse that could be utilized to generate new knowledge to help the executives in arranging their business strategies. The knowledge generator. which is data mining technology. would be introduced to the readers. This paper presents the business problems to be solved and th,e foundations of data mining: the usage, how data mining works. the tasks, and the popular methods (decision tree. classification.). The result shows tendency of a consumer to buy heir favorite vehicle in the reality is not influenced by purchasing level of the costomer, but from its this finding Support the hypothesis that Indonesian people do prefer brand than of her factors. ABSTRAK MAHBUBUL WATHONI, Prediksi Kecenderungan Konsumen Oalam Memilih Jenis Kendaraan (Roda Empat) Berdasarkan Spesifikasi Kendaraan Menggunakan Decision Tree Ocngan Mctodc Gini. (Oi bawah bimbingan TAUFIK EDY SUTANTO, M.ScTech. dan Dr. AGUS SALIM, M.SL). Oalam dunia bisnis yang penuh persaingan membuat para pelakunya harus selalu mcmikirkan stratcgi-stratcgi tcrobosan yang dapat mcnjamin kclangsungan bisnis mereka. Salah satu aset utama yang dimiliki oleh perusahaan masa kini adalah data bisnis dalam jumlah yang banyak. Hal ini melahirkan kebutuhan akan adanya teknologi yang dapat memanfaatkannya untuk membangkitkan "pengetahuanpengetahuan" baru, yang dapat membantu dalam pengaturan strategi bisnis. Teknologi data mining hadir sebagai solusi. Skripsi ini akan mengulas pcrmasalahan bisn;s yang ada dan dasar-dasar desicion tree melalui bahasan kegunaan, cara kerja dan metodologi-metodologi populer pada teknologi ini (pohon keputusan, klasifikasi, regresi), Desicion tree yang digunakan adalah Classification and Regression Trees. Dari pengolahan Dat.a PT. OTO MULTIARTA yang merupaksn dat"! dari tahun 2004 sampai 2005 dinyatakan bahwa, kencenderungan seorang konsum.;n ulltuk mcmbcli kcndaraan yang diinginkan tcmyata bukanJah dipcngaruhi olch tingkat pembelian seorang konsumen (harga). Hal ini mcmpertegas dugaan pandangan di masyarakr ptang sifat konsumen di Indonesia.
Description: ix,53 p.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/20684
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MAHBUBUL FATHONI-FST.pdf1.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.