Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19673
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorZakariain_ID
dc.contributor.authorHasanudin-
dc.date.copyright20-02-2009-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19673-
dc.descriptionv, 219in_ID
dc.description.abstractMenjamurnya perusahaan periklanan (biro Iklan) merupakan sebuah bukti berkembanganya roda ekonomi Indonesia, semakin banyaknya Produsen yang membutuhkan jasa biro iklan karena ingin produk yang dihasilkan dapat diterima dipasaran. Banyaknya iklan yang dibuat terkadang sering melanggar kode etika yang ada. Hal ini terjadi karena banyaknya hasil produksi yang mengeluarkan barang yang sejenis, sehingga menuntut sebuah upaya publikasi dan promosi yang menarik yang bisa menarik minat masyarakat, sehingga menimbulkan persaingan yang tidak sehat dan saling menjatuhkan satu sama lain. Bagaimana Peran Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia PPPI sebagai lembaga periklanan yang berwenang dalam menjaga kode etik periklanan, bagaimana aktivitasnya, serta langkah-langkah yang dilakukan PPPI dalam menjaga kode etik periklanan khususnya di Media Cetak. Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia merupakan suatu lembaga yang berhimpun perusahaan periklanan (biro iklan). membuat suatu undang-undang yang dinamakan dengan Tatatkrama dan Tatacara Periklanan Indonesia (TKTCPI), dalam mengatur segala bentuk periklanan yang ada dan memberikan sangsi tegas terhadap pelanggaran yang terjadi, PPPI sebagai tempat bagi masyarakat untuk mengadukan pelangaran yang terjadi pada iklan yang ditayangkan. Salah satu upaya untuk menekan pelanggaran yang terjadi yaitu menyelenggarakan Cita pariwara Indonesia, sebagai wujud apresiasi dan penghargaan terhadap iklan yang dibuat. Sehingga biro iklan dituntut untuk membuat sebuah iklan yang berkualitas yang bisa diterima oleh masyarakat dan tidak melanggar kode etik yang ada. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori peran dan kode etik, serta periklanan, tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana peran Persatuan Perusahaan periklanan Indonesia sebagai lembaga periklanan untuk menjaga kode etik periklanan sehingga tercipta suatu persaingan yang sehat dan menindak bagi yang melanggar kode etik periklanan, sehingga iklan tersebut bisa dicabut ijin tayangnya jika terbukti melanggar dan tidak mematuhi aturan yang ada Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat eksploratif dengan sumber data yang di peroleh melalui dokumentasi yang didapat melalui situs PPPI, buku dewan periklanan, buku putih serta arsip-arsip yang ada pada (PPPI). Persaingan usaha yang semakin kompetitip terkadang membuat kita mengambil jalan pintas untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, perusahaan periklanan merupkan biro jasa yang ditunjuk oleh produsen untuk membuat sebuah iklan sehingga bisa menarik minat masyarakat namun yang terjadi adalah sering melakukan pelanggaran kode etik periklan, hal ini terjadi karena berbagai faktor, diantaranya, mengikuti keinginan pemasang iklan dan terkadang ketidak tahuan dari biro iklan terhadap Tata Krama dan Tatacara Periklanan Indonesia Peran Persatuan Perusahaan periklanan Indonesia sangat dibutuhkan dalam menjaga kode etika periklanan karena persaingan usaha yang semakin tinggi akan mengancam salah satu perusahaan yang tidak mempunyai modal cukup dan akan gulung tikar jika persaingan yang dilakukan tidak sehat dan saling menjatuhkan. Sehingga lembaga ini diharapkan menjadi tumpuan utama dalam menangani permasalahan yang ada dilapangan.-
dc.publisherUIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2008in_ID
dc.relation.ispartofseries05-019-02-1705;1957 KPI din_ID
dc.titlePeran Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) Dalam Menjaga Kode Etik Periklananin_ID
dc.typeSkripsiin_ID
dc.uinjkt.lokasiPerpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-
dc.uinjkt.pemilikUIN Syarif Hidayatullah Jakartain_ID
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HASANUDIN-FDK.pdf493.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.