Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19284
Title: Strategi pemberdayaan anak jalanan melalui pendidikan luar sekolah; studi kasus di yayasan bina insan mandiri Depok
Authors: Muhamad Najib Kailani
Advisors: Helmi Rustandi
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2011
Series/Report no.: 0111-10-9362;2698 KJS d
Abstract: Anak jalanan adalah sebuah permasalahan sosial, kondisi yang menyebabkan timbulnya permasalahan pada anak khususnya anak jalanan bukan hanya disebabkan oleh faktor tunggal terkait keterdesakan ekonomi, tetapi juga banyak faktor lain seperti kurangnya kesempatan mendapatkan pendidikan, yang pada akhirnya membutuhan pemecahan. Pemberdayaan melalui pendidikan luar sekolah adalah salah satu upaya pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan oleh Yayasan Bina Insan Mandiri untuk membangun potensi anak jalanan agar lebih berdaya. Dan dapat mengurangi waktu mereka dijalanan dan menuju lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi banyaknya anak jalanan di wilayah Kota Depok dan sekitarnya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menggambarkan tentang kebutuhan anak jalanan akan pendidikan dan keterampilan yang ada di lokasi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk: memperoleh gambaran mengenai strategi pemberdayaan anak jalanan di Yayasan Bina Insan Mandiri, Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara yaitu; 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) studi dokumentasi. Dan prosedur pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling adapun informan penelitian ini berjumlah 6 orang, terdiri dari Pengurus ,Tutor serta anak binaan yang ada di Yayasan Bina Insan Mandiri. Analisis data dilakukan dengan tiga alur analisis yang memungkinkan data menjadi bermakna yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pemberdayaan yang dilakukan Yayasan Bina Insan Mandiri adalah 1) Strategi Pemberdayaan Progam Akademis Kejar Paket A, B dan C, Pemberdayaan melalui program akademis yang dilakasanakan Yayasan Bina Insan Mandiri membuat anak-anak binaannya dapat mengembangkan kemampuan yang mereka miliki, bakat dan minat mereka dapat tersalurkan agar anak jalanan memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhannya. 2) Strategi pemberdayaan Program Sanggar seni, Program khusus bidang seni ini merupakan strategi untuk menjembatani anak binaan Yayasan Bina Insan Mandiri yang pada dasarnya memiliki bakat dalam bidang seni musik. 3) Strategi pemberdayaan Program Pelatihan Keterampilan; Percetakan/sablon, Otomotif, komputer. Program ini dimaksudkan agar para binaan memiliki jiwa kreatif, dan inovatif. Dan bertujuan agar mereka dapat belajar bagaimana cara berwirausaha dan dapat membekali diri untuk hidup dikemudian hari, tanpa menggantungkan oranglain dan mengurangi waktu mereka di jalan.
Description: xi, 91 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19284
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.