Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19218
Title: Nilai-Nilai Dakwah Dalam Komunikasi Bisnis : Studi Analisa Atas Komunikasi Bisnis H.Muhammad Ikhwan,SE
Authors: Dede Imron
Advisors: Study Rizal
Publisher: Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2009
Series/Report no.: 05-019-02-1802;1971 KPI d
Abstract: NILAI-NILAI DAKWAH DALAM KOMUNIKASI BISNIS (Studi Analisis Atas Komunikasi Bisnis H. Muhammad Ikhwan, SE) Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini memacu percepatan di segala bidang, salah satunya dunia bisnis yang mengalami globalisasi sehingga kita kenal istilah globalisasi ekonomi seperti tersirat dalam kehadiran APEC, AFTA, NAFTA, GATT yang memungkinkan adanya kerjasama ekonomi bilateral, multilateral bahkan global. Sebagai dampak dari globalisasi adalah bertemunya dua kebudayaan atau lebih yang notabene menghadirkan nilai-nilai positif dalam suatu kebudayaan tertentu, dan tidak menutup kemungkinan hadirnya nilai-nilai negatif sebagai suatu keniscayaan difusi kebudayaan. Islam sangat terbuka pada setiap hal yang baru, karena kehadirannya sebagai rahmatan li al-âlamîn, menjadikannya tetap relevan di setiap ruang dan waktu sebagai “penjaga gawang rohani” bagi manusia modern terlebih di era globalisasi yang cengkeramannya hampir merata di setiap pelosok. Nabi Muhammad SAW sebagai icon teladan dalam setiap aspek kehidupan memberikan berbagai tuntunan moral dalam melaksanakan peran sebagai khalîfah fî al-ard, khususnya dalam berbisnis. Sehingga perilaku korup, tukar guling, renten, illegal loging, abai terhadap keseimbangan alam semesta, saling menjatuhkan, white collar crime, tidak semestinya menjadi watak bagi pebisnis yang hanya ingin mendapatkan keuntungan duniawi semata. Komunikasi bisnis sebagai suatu aktivitas yang melibatkan manusia dalam suatu transaksi maupun kesepakatan bisnis, hendaknya mengedepankan nilai-nilai yang menjunjung tinggi kemanusiaan. Dengan demikian, ia selayaknya dikemas sebagai suatu ajakan untuk selalu mensyukuri setiap anugerah Allah berupa jabatan, penghasilan, margin keuntungan, bonus dan lain-lain. H. Muhammad Ikhwan, SE sebagai pebisnis muslim, berusaha menanamkan nilai-nilai moral islami dalam setiap aktivitas komunikasi bisnisnya. Hal ini bisa dicermati dalam skripsi ini yang berusaha menganalisa nilai-nilai dakwah Islam yang terkandung dalam komunikasi bisnis yang dilakukannya. Dan, dakwah sangat terbuka kepada siapa saja yang merasa dirinya muslim yang ingin mengekspresikan nilai-nilai Islam dalam setiap aktivitasnya, apapun statusnya.
Description: viii, 69 p.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19218
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DEDE IMRON-FDK.pdf494.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.