Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18910
Title: Respon Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi UIN Syahid Jakarta Terhadap Iklan Layanan Masyarakat,100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional
Authors: Rany Ika Rahmadhani
Advisors: Study Rizal
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Dakwah Dan Kumunikasi, 2008
Series/Report no.: 05-019-05-2445;2034 KPI d
Abstract: ABSTRAK Rany ika rahmadhani ”Respon Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi UIN Syahid Terhadap Iklan Layanan Masyarakat, 100 Tahun Kebangkitan Nasional.” Salah satu bagian dari iklan adalah iklan layanan masyarakat (ILM). Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bersifat Non profit dan bersifat sosial. Keuntungan iklan ini adalah berusaha mendapatkan atau membentuk citra baik di tengah masyarakat, umumnya iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan informasi dan penerapan serta pendidikan kepada masyarakat dalam rangka pelayanan dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, bersikap positif terhadap pesan yang disampaikan. Jadi esensi yang membedakan iklan standar dan iklan layanan masyarakat terletak pada tujuan keuntungan yang diraih dan diharapkan. Adapun perumusan masalah yang dikemukakan ialah: “Bagaimana Respon Mahasiswa UIN Syahid Jakarta jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi Non Reguler Tahun Angkatan 2004-2007 terhadap Iklan Layanan Masyarakat Puisi 100 Tahun Kebangkitan Nasional yang di perankan oleh Dedi Mizwar?”. Subjek penelitiannya adalah Iklan Layanan Masyarakat, Puisi 100 Tahun Kebangkitan Nasional yang di perankan oleh Dedi Mizwar. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Syahid Jakarta jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi Non Reguler Tahun Angkatan 2004-2007. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ini adalah teori stimulus respon yaitu teori-teori yang terdapat dalam komunikasi massa. Teori stimulus respon ini pada berkembang menjadi teori komunikasi dikarenakan objek materinya, yaitu manusia yang jiwanya meliputi komponen-komponen: sikap, opini, perilaku, kognisi, afeksi, dan konasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Pengolahan datanya menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumenter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa dakwah dan komunikasi jurusan KPI non reguler tahun akademik 2004-2007 terhadap iklan layanan masyarakat Puisi 100 tahun kebangkitan nasional yang diperankan oleh Dedi Mizwar menyatakan setuju dengan iklan layanan masyarakat ini. Secara umum kajian ini diharapkan dapat bisa memberikan kontribusi positif dan menambah jaringan global pada studi periklanan.
Description: viii, 79 p.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18910
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RANY IKA RAHMADHANI-FDK.pdf745.29 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.