Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18878
Title: Analisis pelaksanaan mentoring dalam pengembangan konsep diri remaja pada lLembaga Ilna youth centre Bogor
Authors: Eko Endah Sulistiyowati
Advisors: Nasichah
Keywords: Analisis Pelaksanaan
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2009
Series/Report no.: 05-019-07-2922;2065 BPI d
Abstract: Mentoring merupakan sebuah proses interaksi yang didalamnya terdapat transfer knowledge antara seseorang mentor dengan seorang mentee yang dilandasi atas dasar kepercayaan, saling menghargai, dan mengasihi dan mentor memberikan dukungan, dorongan, bimbingan dan semangat yang bertujuan untuk membentuk pentumbuhan, perkembangan, kompetensi dan karakter mentee ke arah yang positif. Sementara konsep diri adalah cara seseorang melihat dirinya sendiri baik secara fisik, psikis dan sosial. Mengubah konsep diri seseorang bukanlah sesuatu yang mudah ada proses yang harus dilalui. Sementara konsep diri remaja cenderung berubah-ubah dan tidak konstan. Untuk itu diperlukan satu metode yang mampu menjadi mediator dalam proses pembentukan diri pelajar SMA, hal tersebut yang mendorong penulis melakukan penelitian tentang mentoring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses pelaksanaan mentoring, metode mentoring dan hasil yang diperoleh selama proses pelaksanaan mentoring dalam pembentukan konsep diri pelajar SMA pada Lembaga ILNA Youth Centre Bogor. Informan terdiri dari 1 orang pengurus lembanga ILNA Youth Centre, 3 orang mentor dan 8 orang pelajar SMA kelas X, XI, dan XII. Dalam penelitian ini penulis menggungkan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Melalui wawancara dan observasi diketahui pelaksanaan mentoring di lembaga ILNA Youth Centre terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap awal (early stage), tahap pertengahan (middle stage), tahap akhir (late stage) dengan menggunakan metode quantum teaching, quantum learning, accelerated learning, dan konseling, serta metode penyampaian materinya yaitu dengan metode ceramah, diskusi, studi kasus dan games. Dari hasil mentoring diperoleh empat aspek yang dapat membantu pelajar membentuk konsep dirinya yaitu aspek psikologi, aspek sosial, aspek spiritual dan aspek edukasi.
Description: vii, 72 p.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18878
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
EKO ENDAH SULISTIYOWATI-FDK.pdf734.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.