Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18848
Title: ANALISIS PEMASARAN MULTI LEVEL MARKETING PADA PERUSAHAAN TIENS INTERNATIONAL GROUP CORP. MENURUT PANDANGAN EKONOMI ISLAM
Authors: Dehen Pantar Nusantara
Advisors: Burhanuddin Yusuf
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Jakarta : Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah, 2009
Series/Report no.: 0110-07-6327;3404 MEI s
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjabarkan kepada masyarakat praktek dari bisnis Multi Level Marketing menurut pandangan syariah, dan sebagai penambah wawasan bagi masyarakat agar dapat lebih jeli dalam berbisnis agar tidak terjerumus dalam bisnis permainan uang (money game) dan juga tidak terjebak kepada bisnis yang syubhat. Juga untuk lebih mengetahui secara lebih rinci praktek yang dilakukan oleh perusahaan Multi Level Marketing (dalam hal ini Tianshi) apakah praktek yang terjadi dilapangan oleh perusahaan dan para distributornya telah sesuai dengan syariah atau masih terdapat aspek MAGHRIB didalamnya. Data dalam penelitian ini diambil dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), para distributornya langsung, pertemuan rutin para distributor, buku-buku, majalah-majalah, dan data sekunder lainnya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa marketing plan bisnis Multi Level Marketing yang diterapkan oleh perusahaan Tianshi bukan hanya bisnis bisnis yang menghasilkan penghasilan pasif (passive income), tapi juga memberdayakan masyarakat untuk dapat hidup mandiri dan memenuhi kebutuhan mereka. Bisnis ini juga menjadi rekomendasi dari para pengusaha internasional macam Robert T. Kiyosaki, William Henry Gates Jr. (Bill Gates), Paul Zane Pilzer, dll. Selanjunya, bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan Tianshi juga sejalan dengan ramalan Paul Zane Pilzer pada tahun 2003 yang menyatakan bahwa periode tahun 2010 keatas, industri ritel dan industri kesehatan akan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terbuktikan dengan mulai bermunculannya perusahaan-perusahaan yang mulai menggunakan metode word of mouth selling seperti agen 100 Sun Light, dan mulai maraknya perusahaan-perusahaan untuk memproduksi dan memasarkan produk-produk makanan kesehatan seperti Mie Sedaap yang dinilai memiliki kandungan gizi setara dengan satu butir telur, dll. Sehingga dapat disimpulkan prediksi Paul Zane Pilzer cukup terbukti.
Description: vii, 149 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18848
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.